Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Menyimpan Cabai agar Awet Hingga Tiga Bulan

Cara Menyimpan Cabai agar Awet Hingga Tiga Bulan

Cabai merupakan salah satu bumbu wajib yang harus terus tersedia di rumah. Tak heran jika saat melakukan belanja bulanan, Moms bisa langsung memborong cabai sebagai persediaan bumbu masakan wajib. Namun, jika disimpan dengan cara yang tidak benar, umur cabai tidak akan bertahan lama.

Cabai akan mudah membusuk atau justru kering dan tak lagi bisa digunakan dengan maksimal. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini langkah-langkah menyimpan cabai yang tepat agar bisa bertahan hingga tiga bulan lamanya. Catat ya, Moms!

Sortir cabai ketika baru dibeli

Ketika Moms hendak menyimpan cabai, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilah-milah cabai yang Anda beli. Pasalnya, saat membeli cabai dalam jumlah yang banyak, mungkin saja terdapat sejumlah cabai yang telah membusuk.

Pisahkan dan simpanlah cabai yang masih dalam kondisi baik dan buang yang sudah membusuk, karena jika membiarkan cabai yang telah busuk bercampur dengan cabai yang masih segar atau baik, cabai yang masih segar dan baik tersebut akan lebih mudah membusuk juga.

Tak perlu dicuci sebelum disimpan

Jika Moms ingin cabai memiliki umur yang lebih panjang, maka janganlah mencucinya sebelum Anda menyimpan cabai. Jika memang ingin membersihkannya, cukup lap cabai dengan tisu kering saja. Nah, ketika Moms ingin menggunakannya, barulah Anda bisa mencuci cabai hingga bersih dengan air mengalir.

Tak perlu membuang tangkainya

Moms, biarkanlah batang cabai menempel begitu saja pada pangkalnya, ya. Anda tak perlu memetik atau sengaja membuang tangkainya, karena cabai tanpa pangkalnya yang hijau akan lebih cepat membusuk. Moms bisa memetik batang cabai ketika hendak menggunakannya saja.

Bungkus dalam wadah

Untuk menyimpannya dengan benar, siapkan wadah yang ada tutupnya, alasi tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam. Tata cabai yang ingin Anda simpan ke dalam wadah, pastikan tidak terlalu penuh agar cabe tidak mudah rusak.

Moms juga bisa menyimpan cabai dalam plastik yang bisa ditutup rapat. Lapisi dengan kertas untuk menjaga lingkungan cabai agar tidak terlalu lembap. Jika terlalu lembap, cabai akan lebih mudah menjadi busuk.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas agar Tahan Lama

Beri bawang putih

Masukkan sesiung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai yang hendak disimpan. Bawang putih bersifat antibakteri, sehingga cabai tidak akan mudah busuk dan rasa pedasnya pun tetap terjaga.

Simpan di lemari es

JIka sudah ditutup rapat, simpanlah cabai di dalam lemari es, tepatnya di bagian bawah rak penyimpanan yang berada di chiller. Jangan pernah menyimpan cabai dalam freezer, karena justru akan membuatnya jadi berair dan cepat busuk.

Dengan melakukan sejumlah langkah dan tips di atas, dijamin cabai yang Anda simpan akan lebih awet bahkan bisa bertahan hingga tiga bulan lamanya. Selamat mencoba ya, Moms! (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)