Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Waspada Sumber Polusi di Rumah

Waspada Sumber Polusi di Rumah

Hampir semua kalangan merasakan pengaruh yang ditimbulkan dari polusi yang ini, terutama di kota besar seperti Jakarta. Tak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa polusi udara dapat  membuat penyakit ringan menjadi akut. Selain itu, polusi udara akibat aktivitas lalu lintas juga dapat menjadi penyebab kematian bayi, kelahiran prematur, serta terjadinya risiko asma dan eksem.

 

Polusi udara sendiri sebenarnya tidak hanya ada di luar rumah, di dalam rumah pun polusi bisa terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti bahan bangunan rumah, perabotan, dan sebagainya. Berikut beberapa sumber yang bisa menimbulkan polusi di dalam rumah. 

 

1. Karbon Monoksida (CO)
Karbon monoksida atau disebut juga dengan CO, adalah zat yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Zat ini tidak berwarna dan berbau, jika tercemar zat ini, seseorang akan merasakan sakit kepala. Sumber karbon monoksida umumnya berasal dari sesuatu yang berhubungan dengan pembakaran, seperti gas yang tidak sengaja terbuang dari kompor gas.

 

2. Asap Rokok
Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bahwa asap rokok merupakan penyebab utama kematian. Asap rokok juga dapat menyebabkan kanker paru-paru dan menimbulkan penyakit jantung. Untuk itu, orangtua perlu konsisten dengan komitmennya mencintai anak-anak, salah satunya dengan melindungi anak dari polusi asap rokok yang diketahui banyak membawa dampak buruk, termasuk menjauhkan residunya dari anak Anda.

 

3. Pendingin Ruangan (AC)
Jika tidak dirawat, AC dapat menjadi alat yang mencemari udara. Zat kimia AC yang disebut freon bisa merusak lapisan ozon, yang secara perlahan merusak ekosistem bumi kita. AC yang tidak terawat akan menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang menyebabkan alergi dan gangguan saluran napas pada manusia.

 

4. Asbestos
Asbestos biasa dipakai untuk campuran semen, lantai, dan eternit atau papan langit-langit. Asbestos tahan terhadap panas. Asbestos sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena dapat menimbulkan sesak napas, dan mengganggu fungsi jantung. Selain itu, jika terpapar dalam jangka waktu yang lama, asbestos juga dapat menimbulkan kanker paru-paru. Selain asbestos, sumber lainnya yang juga bisa menimbulkan polusi di dalam ruangan adalah formalin, bahan-bahan pembersih kamar mandi, pewangi baju dan ruangan, furnitur karpet lama, serta sisa cat dan tiner. (Aulia/OCH/dok.freedigitalphotos)