Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

8 Bahan Alami untuk Lawan Rambut Rontok Usai Melahirkan

8 Bahan Alami untuk Lawan Rambut Rontok Usai Melahirkan

Saat hamil, ada banyak hal yang berubah untuk membantu proses kehamilan dan menjaga kesehatan Anda dan janin. Salah satunya adalah melonjaknya hormon progesteron. Selain membantu dalam proses kehamilan, hormon ini bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan rambut jadi lebih tebal.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon progesteron yang awalnya melonjak selama hamil dan membuat rambut terlihat tebal serta jarang rontok, kemudian setelah persalinan, hormon tersebut kembali ke siklus normal, sehingga pertumbuhan rambut menjadi seperti sebelum Anda hamil.

Namun, setelah melahirkan Si Kecil, hormon progesteron akan kembali ke level normal dan mungkin saja akan bisa berdampak pada kerontokan rambut yang Anda alami usai melahirkan. Jika dibiarkan, masalah ini tentunya bisa menurunkan rasa percaya diri Anda ya, Moms.

Baca juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Kok Bisa, Ya?

Sebenarnya, merawat kesehatan rambut agar terhindar dari kerontokan memang susah-susah gampang. Namun, jangan khawatir karena ada bahan-bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk mengembalikan kondisi rambut indah Anda. Dengan pemakaian yang rutin dan diiringi kesabaran, bahan-bahan berikut ini bisa membantu Moms kembali memiliki rambut idaman.

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang populer sebagai bahan perawatan rambut. Moms bisa gunakan tanaman ini untuk menenangkan kulit kepala. Cukup oleskan gel lidah buaya di seluruh bagian kepala, tunggu hingga 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih. Dengan begitu, kulit kepala Anda akan lebih lembap sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

2. Biji fenugreek

Anda bisa menguatkan folikel rambut agar terjaga ketahanannya dan mengatasi masalah ketombe dengan memanfaatkan biji fenugreek yang kaya protein dan lesitin. Untuk memakainya, Moms perlu merendam dua sendok funegreek semalaman terlebih dahulu. Setelah direndam, giling lalu oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, dan bilas rambut Anda sesudahnya.

3. Telur

Menggunakan telur sebagai sumber protein sebagai masker untuk menguatkan folikel rambut juga bisa menjadi pilihan tepat. Ambil sebutir telur mentah, campur dengan setengah buah alpukat, satu sendok makan minyak kelapa, dan setengah sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada rambut Anda dan didiamkan 30 menit. Kemudian, bersihkan rambut Anda.

4. Cuka apel dan teh hijau

Meski rambut tak tebal, teksturnya yang mengembang akan membuat Anda tampil lebih percaya diri. Untuk meningkatkan volume rambut ini, gunakan campuran dari seperempat cup cuka apel dan 1 gelas teh hijau. Jadikan campuran ini sebagai pengganti conditioner alami tanpa dibilas untuk mendapatkan rambut bervolume tanpa mengubah warna alaminya.

5. Jus jeruk

Jus jeruk juga bisa diaplikasikan ke rambut untuk membuat rambut tampak berkilau serta bebas dari ketombe. Cukup basahi rambut dengan jus jeruk, diamkan selama 20 menit dan lakukan sekali seminggu saja. Selain rambut berkilau, aromanya juga akan sangat menyegarkan.

6. Santan

Santan juga bisa dipakai sebagai masker rambut Anda. Cukup campurkan setengah cup santan dengan 3 sendok teh minyak zaitun, lalu oleskan ke rambut. Kemudian, tutup rambut dengan topi atau bungkus dengan plastik untuk memberikan hawa panas tubuh agar campuran lebih cepat meresap. Tunggu selama 10-15 menit, bilas, dan dapatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat dari sebelumnya.

7. Campuran rosemary-nettle tea dan gingseng

Menurut studi, rosemary punya manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan nettle tea mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Campuran keduanya tentu akan sangat bermanfaat pada kesehatan dan ketebalan rambut Anda.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masak 3/4 cup rosemary segar dan satu kantong nettle tea ke dalam dengan satu cup air hingga mendidih. Lalu, masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke rambut, diamkan semalaman tanpa di bilas.

Selain kedua bahan tersebut, Moms juga bisa menggunakan ginseng untuk memperoleh rambut yang tebal. Ginseng sudah terbukti mampu menstimulasi batang rambut agar tumbuh dengan kuat serta mencegah rambut rontok. Anda bisa mencampurkan ginseng dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk dijadikan masker atau disemprotkan ke rambut dan diamkan semalaman.

8. Minyak zaitun dan jahe

Moms juga bisa membuat serum rambut sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun dengan parutan jahe. Gunakan campuran ini sebagai minyak pijat di bagian kepala, lalu biarkan selama 30-45 menit dan bilas. Rambut pun akan ternutrisi dengan baik dan pertumbuhan rambut akan makin meningkat.

Semoga bahan-bahan alami ini bisa membantu Moms melawan kerontokan rambut, ya! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)