Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Televisi di Kamar Pengaruhi Waktu Tidur Anak

Televisi di Kamar Pengaruhi Waktu Tidur Anak

Saat ini, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan menonton televisi dibandingkan bermain di luar. Padahal penelitian terbaru yang dilansir melalui Dailymail UK menyatakan, ketika seorang anak menonton televisi di kamarnya selama 1 jam penuh, maka waktu tidurnya pun akan berkurang sekitar 7 menit.

 

Para ahli dari MassGeneral Hospital for Children dan Harvard School of Public Health melakukan penelitian tersebut kepada lebih dari 1.800 anak usia 8 bulan hingga 8 tahun. Mereka menemukan anak-anak yang di kamarnya ada televisi, memiliki waktu tidur jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak. Anak-anak tersebut tidur 1,5 jam lebih sedikit akibat menonton televisi setiap harinya.

 

Informasi penelitian ini juga memasukkan keseluruhan data mengenai berapa lama anak berada di dalam ruangan yang memiliki televisi dan rutinitas menonton setiap harinya. Sebagai penunjang beberapa studi sebelumnya, penelitian pun menunjukkan efek memiliki televisi di dalam kamar tidur berhubungan dengan rentang waktu tidur anak. Perlu dipahami bahwa kurangnya durasi tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik anak di masa depannya. (Sagar/DC/Dok. M&B)