Type Keyword(s) to Search

Jangan Disepelekan! Ini Tanda Ukuran Bra Anda Terlalu Kecil

Jangan Disepelekan! Ini Tanda Ukuran Bra Anda Terlalu Kecil

Memilih bra atau penyangga payudara perlu dilakukan secara selektif. Bukan hanya brand, bahan dan model saja yang perlu diperhatikan, ukuran bra pun harus tepat sehingga bisa menyangga payudara Anda dengan baik.

Ukuran bra yang terlalu kecil bukan sekadar membuat Anda tak nyaman saat mengenakannya. Hal ini juga akan menimbulkan masalah, seperti sakit kepala dan ruam. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda bahwa ukuran bra Anda terlalu kecil, Moms.

Kulit Mengalami Iritasi

Ukuran bra yang terlalu ketat atau bahkan terlalu kecil sering kali menimbulkan masalah pada kulit, seperti ruam, folikulitis (peradangan yang terjadi pada folikel rambut), dermatitis, biang keringat, dan hives (biduran). "Saat pakaian yang terlalu ketat bergesekan dengan kulit maka hal itu akan memicu keringat berlebihan, iritasi, dan pembengkakan di area folikel rambut. Selain itu, bakteri atau jamur di permukaan kulit juga akan lebih mudah masuk ke dalam folikel tersebut sehingga menimbulkan infeksi," jelas Heather Downes, MD, ahli dermatologi bersertifikat, seperti dilansir situs Healthline.

Sementara itu, biang keringat akan muncul ketika keringat diproduksi berlebihan dan tidak terhalang bra sehingga tidak bisa mengalir. Sedangkan biduran bisa terbentuk akibat tekanan pada kulit yang terjadi secara terus-menerus.

Anda Sering Menyetel Ukuran Tali Bra

Ya, ukuran bra yang terlalu kecil membuat Anda merasa tidak nyaman. Tanpa disadari akan terus-menerus menyetel ukuran tali bra setiap kali bergerak.

Anda Mengalami Asam Lambung

Pakaian terlalu ketat pada bagian abdomen atau rongga perut, seperti bra atau spanx, bisa meningkatkan tekanan di area tersebut sehingga bisa memicu terjadinya asam lambung atau memperparah kondisi Anda yang memiliki riwayat penyakit tersebut.  

Payudara Tak Terlindungi dengan Maksimal

Terkadang saat mencoba bra di kamar ganti, ukurannya terlihat pas dengan Anda. Tapi ketika Anda mengenakannya sepanjang hari, payudara Anda terlihat "keluar" dari cup, baik di area depan maupun kedua sisinya. Jika Anda mengalami semacam itu, artinya ukuran bra Anda terlalu kecil. Sesuai dengan namanya, bra seharusnya bisa menyangga keseluruhan payudara dengan baik dan tidak ada yang keluar dari cup sehingga membuat Anda tak nyaman atau mengganggu penampilan.

Tubuh Bagian Atas Terasa Sakit

Masalah yang paling sering terjadi saat Anda mengenakan bra dengan ukuran lebih kecil daripada yang seharusnya adalah rasa nyeri yang muncul di tubuh bagian atas. Dengan memilih bra yang ukurannya kurang tepat, artinya bra tersebut tidak dapat menopang payudara dengan baik, tidak nyaman saat dikenakan, dan pada akhirnya akan memicu rasa nyeri di bahu serta punggung Anda.

Jadi mulai sekarang, pastikan Anda memilih bra dengan ukuran yang benar-benar tepat. Jangan hanya tergiur dengan model saja ya, Moms. Ingat, pemilihan bra juga dapat memengaruhi kenyamanan, kesehatan, dan penampilan Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)