Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bikin Haus! Ini 7 Makanan dan Minuman yang Memicu Dehidrasi

Bikin Haus! Ini 7 Makanan dan Minuman yang Memicu Dehidrasi

Moms pasti sudah tahu pentingnya memenuhi kebutuhan air harian untuk tubuh. Solusinya sangat mudah, yaitu dengan minum setidaknya 8 gelas air per hari atau mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air. Inilah cara terbaik untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Namun, jangan salah memilih jenis makanan dan minuman lho, Moms, karena beberapa jenis makanan berikut ini justru bisa memicu dehidrasi. Apa saja makanan tersebut?

1. Camilan asin

Menonton drama Korea sambil menikmati camilan asin seperti keripik kentang memang asik ya, Moms. Namun, hati-hati, karena makanan ini bisa menyebabkan dehidrasi, lho! Makanan asin atau tinggi sodium memang bisa menyebabkan dehidrasi. Meningkatnya sodium dalam tubuh membuat ginjal menganggap itu sebagai sinyal untuk menarik cadangan air di tubuh Anda.

Tentu saja cadangan ini diambil dari semua organ tubuh, yang membuat organ-organ penyumbang air tersebut kurang cairan. Hasilnya, tubuh Anda pun mengalami dehidrasi. Makan camilan asin boleh saja, tapi jangan terlalu banyak, sering, dan harus disertai dengan minum air putih yang banyak ya, Moms.

2. Daging merah

Sebenarnya bukan hanya daging merah, melainkan seluruh makanan yang tinggi protein. Namun, satu jenis sumber protein yang paling mudah membuat tubuh dehidrasi adalah daging olahan yang mengandung banyak garam, seperti cured meats (ikan asin juga termasuk lho, Moms). Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi makanan tinggi protein, terutama jenis olahan dengan banyak tambahan garam, jangan lupa banyak minum, ya!

3. Asparagus

Tidak hanya terkenal membuat urine berbau menyengat (karena ada kandungan asparagine, jenis asam amino sulfurus), asparagus juga merupakan jenis makanan diuretik. Ini adalah makanan yang menguras banyak cairan tubuh dan membuat Anda lebih sering berkemih. Maka, jika Anda mengonsumsi asparagus, jangan pergi jauh-jauh dari toilet, ya.

4. Kecap manis dan asin

Siapa yang tidak punya kecap manis dan kecap asin di rumah? Sepertinya dua sahabat ini tidak pernah mangkir dari dapur ya, Moms. Walau menyedapkan masakan, kecap manis dan asin sayangnya sama-sama bisa membuat tubuh mudah dehidrasi.

Penyebabnya sudah pasti karena tingginya garam yang dicairkan untuk membuat kecap, sehingga sedikit saja kecap yang masuk ke tubuh sudah cukup tinggi kandungan garamnya. Karena itu, lebih bijak saat menambahkan kecap ya, Moms.

5. Makanan manis

Tidak hanya makanan tinggi garam saja yang bisa bikin tubuh dehidrasi, makanan manis juga bisa, lho. Mekanisme tubuh menanggapi lonjakan gula sama dengan ketika kita makan terlalu banyak sodium. Tubuh akan mencoba mencari kompensasi kurangnya air dari darah dan organ tubuh lainnya, yang kemudian membuatnya kurang cairan dan tidak bisa bekerja optimal (atau bahkan rusak!). Minuman bergula tinggi adalah penyebab utama yang harus Anda hindari.

6. Makanan siap saji

Fast food atau makanan siap saji umumnya tinggi garam, gula, penyedap, dan pengawet. Semua itu tentu perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Lebih parahnya lagi jika makanan siap saji dimasak dengan banyak minyak. Anda pasti akan merasa lebih mudah haus setelah mengonsumsi makanan seperti ini.

7. Alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol bisa membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Alkohol merupakan minuman yang paling mudah menyebabkan dehidrasi. Saat Anda mengonsumsi minuman beralkohol, tubuh akan mengirim pesan ke kelenjar pituitari di otak untuk mengurangi produksi hormon vasopresin, hormon antidiuretik yang tujuannya membuat Anda lebih jarang berkemih dan menjaga air penting dalam tubuh. Ketika vasopresin berkurang, maka otomatis Anda jadi lebih sering berkemih hingga tubuh pun kekurangan cairan. Karena itu, jangan anggap sepele masalah dehidrasi ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)