Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Perbaiki Kehidupan Seks Anda dengan Kebiasaan Tidur Ini, Moms!

Perbaiki Kehidupan Seks Anda dengan Kebiasaan Tidur Ini, Moms!

Bagaikan sayur dengan garam, kehidupan seksual yang menyenangkan tentunya akan berdampak baik pada keharmonisan rumah tangga. Namun, jika Moms merasa kehidupan seksual Anda tidak sehat, jangan khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satunya adalah dengan menjaga pola tidur dan kebiasaan tidur yang baik.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Mayo Clinic Arizona, para peneliti menemukan 60% responden yang tidur 7-8 jam sehari mengaku lebih puas dengan kehidupan seksual mereka dibandingkan responden yang tidur dengan waktu yang lebih sedikit. Studi ini juga menemukan bahwa insomnia juga menyebabkan ketidakpuasan pada kehidupan seksual seseorang.

Baca juga: Ini Alasan Pria Lebih Cepat Tertidur Setelah Bercinta

Sayangnya memiliki pola tidur yang sehat untuk mendukung kehidupan seks tak selalu mudah. Untuk itu, Moms bisa contek beberapa trik berikut ini!

1. Kasur untuk tidur dan seks

Hindari bekerja atau menonton televisi di atas kasur Moms, karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko berkembangnya kebiasaan yang berujung pada insomnia. Jika Moms terbangun tengah malam dan tidak bisa kembali tidur setelah 20 menit, maka Anda perlu bangun dari kasur.

"Jangan bermalas-malasan di kasur karena hal ini akan mengajarkan pada tubuh Anda bahwa kasur adalah tempat untuk beraktivitas dan tidur," tutur Shelby Harris, pimpinan Behavioral Sleep Medicine di Montefiore Medical Centre.

2. Ke kasur saat lelah

Jika Moms terbangun di tengah malam dan meninggalkan kasur untuk melakukan hal-hal yang bisa menenangkan Anda, kembalilah ke kasur ketika Anda benar-benar merasa ngantuk. "Anda perlu melatih tubuh Anda. Dengan begini, tubuh Anda akan belajar," tutur Harris. Hal ini juga berarti Anda tak boleh berada di kasur jika Anda tidak lelah. Menjaga waktu tidur yang konsisten adalah penting, tapi berada di kasur meski Anda tidak lelah hanya akan memperburuk keadaan.

3. Meditasi

Menurut Harris, otak tidak bisa "dinyalakan" dan "dimatikan" layaknya lampu. Namun, ia percaya bahwa kita bisa membuatnya "redup". Cara terbaik untuk rileks dan redup saat malam datang adalah dengan melakukan meditasi. Kegiatan mindfulness seperti mewarnai atau bernapas dalam bisa membantu Anda fokus dan merasa rileks.

Baca juga: Manfaat Tidur Telanjang, dari Tidur Lebih Nyenyak Hingga Baik untuk Kesuburan

4. Jangan berusaha tidur

"Jika Anda memaksakan untuk tidur, maka Anda akan makin tak bisa tidur," kata Harris. "Memaksakan diri untuk tidur membuat Anda berpikir lebih keras dan membuat tubuh makin tegang, sehingga Anda tidak akan lekas tertidur," timpalnya. Jika Moms secara aktif berusaha untuk tidur, maka lebih baik bagi Anda untuk bangun dari kasur dan melakukan meditasi atau aktivitas lain yang bisa menenangkan Anda.

5. Waktu tidur dan bangun yang konsisten

Jika Moms memiliki insomnia kronis, maka menjaga waktu tidur dan bangun yang rutin sangatlah penting. Saat Anda merasa sangat lelah atau hanya ingin berada di atas kasur, jangan turuti keinginan ini. Tetaplah pada jadwal tidur Anda, Moms. Namun, buatlah pengecualian: jika tidak merasa lelah, jangan berada di kasur dan berusaha untuk tidur.

6. Jangan periksa jam atau ponsel

"Jika Anda terbangun di tengah malam dan tak bisa tidur kembali, jangan melihat jam," ujar Harris. Jika Anda melakukannya, maka Anda cenderung akan berpikir tentang berapa lama waktu tersisa sebelum jadwal Anda harus bangun. Hal ini bisa membuat Anda jadi stres secara tidak sadar. Selain itu, jangan membuka ponsel Anda, karena hal tersebut bisa mengalihkan perhatian dan membuat suasana tidak kondusif untuk tidur. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)