Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mencegah Plak Gigi

Mencegah Plak Gigi

Tahukah Anda apa yang disebut dengan plak gigi atau dental plaque? Plak gigi merupakan timbunan mikroorganisme yang berkembang biak dan melekat pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan. Plak gigi dapat melekat di lapisan pelikel yang dibentuk oleh air liur yang mengandung enzim dan bakteri pembusuk. Plak gigi inilah yang menyebabkan timbulnya karies dan inflamasi pada jaringan lunak gigi.

Namun, jangan khawatir! Plak gigi akan hilang bila gigi dibersihkan dengan menyikat gigi, meskipun bisa terbentuk kembali setelah terkena air liur. Beberapa zat aktif, seperti natrium bikarbonat atau sodium flouride kerap digunakan untuk menghilangkan plak dalam banyak produk pasta gigi. Menurut drg. Dedy Yudha Rismanto, Sp.Perio, menyikat gigi minimal 2 kali sehari dapat 'menyapu' plak di gigi Anda dengan mudah. Penumpukan plak ini terjadi sekitar 6-12 jam setelah Anda menyikat gigi. Bila plak dibiarkan begitu saja, maka dapat menyerang gusi dan menginfeksi saluran yang ada di dalam gusi yang seharusnya steril. Bila hal ini terjadi, maka bisa terjadi peradangan, baik di gusi maupun di email gigi.

Dedy juga mengingatkan, gaya hidup sehat lain, seperti berolahraga, menghindari rokok, serta mengurangi konsumsi minuman beralkohol, kopi, dan teh juga salah satu cara untuk mencegah kesehatan gigi dan gusi. Meski jenis minuman tersebut bukan penyebab plak, namun bisa menjadi indikator perusak gigi dan gusi di masa depan. (Anggita/DMO)