Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Saat Si Kecil Menolak Meninggalkan Playground

Saat Si Kecil Menolak Meninggalkan Playground

Anda pasti senang melihat Si Kecil begitu menikmati permainan di playground bersama teman-teman sebayanya. Melihatnya melompat, berlari, memanjat, berinteraksi dengan orang lain, dan tertawa lepas tentunya menimbulkan rasa haru dalam diri Anda karena ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Tetapi, bagaimana ya jika ia menolak dengan suara keras untuk turun dari ayunan saat Anda mengajaknya pulang?

 

“Jangan merasa malu kalau itu terjadi pada Anda. Setiap orangtua di playground yang menyaksikan kejadian tersebut, pasti pernah menghadapi situasi yang sama,“ ujar Sally-Anne McCormack, psikolog anak sekaligus ahli dari M&B. Ibu dari 4 anak itu pun menyarankan agar Anda bersikap tegas dan memegang kendali atas Si Kecil tanpa melibatkan rasa marah.

 

Sebelum Anda terpancing untuk melampiaskan amarah kepada Si Kecil karena ia membantah, sebaiknya Anda mundur sebentar dan berusaha menenangkan diri. Atur kata-kata yang tepat dan utarakan kepada Si Kecil dengan tegas, jangan dengan nada memohon, kalau sudah waktunya meninggalkan playground. Jelaskan juga kepadanya aktivitas apa yang akan dilakukan selanjutnya, seperti mengunjungi rumah nenek atau makan es krim di rumah untuk mengalihkan perhatian Si Kecil. “Apabila ia menurut, jangan lupa untuk memuji sikapnya,“ ucap Sally-Anne, seperti dikutip dari M&B AU. (Sagar/DC/Dok. M&B)