Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hal Penting untuk Kehamilan Kedua

Hal Penting untuk Kehamilan Kedua

Anda berencana ingin menambah momongan? Banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Selain butuh kesiapan emosional, Anda juga perlu menjaga kesehatan fisik. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempersiapkan kehamilan kedua.

  1. Sangat dianjurkan agar Anda memiliki berat badan ideal. Usahakan jangan terlalu kurus, karena akan memengaruhi kesuburan Anda, sehingga Anda kesulitan untuk hamil kembali dan meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah. Sebaliknya, kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit yang membahayakan kehamilan Anda.

  2. Penelitian menunjukkan, olahraga rutin selama 60 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu akan memberi pengaruh baik pada kehamilan, khususnya pada berat badan bayi saat ia lahir nanti. Olahraga juga dapat mengurangi risiko kelahiran bayi prematur.

  3. Sebelum Anda memutuskan untuk hamil lagi, tunggulah sampai beberapa bulan setelah Anda menghentikan pemakaian pil KB.

  4. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat, yang dapat mengurangi risiko bayi Anda mengalami spina bifida, yaitu cacat tabung saraf.

  5. Kurangi konsumsi kafein hingga di bawah 300 mg per hari, karena kafein dapat membuat Anda sulit hamil.

  6. Tambah asupan zat besi Anda. Selain bayam, Anda dapat mengonsumsi sereal, gandum, kacang-kacangan, roti, sayuran hijau, dan daging merah.

  7. Hindari alkohol, karena alkohol dapat memengaruhi kesuburan Anda. Hindari pula rokok dan obat-obatan, karena dapat menyebabkan keguguran.

  8. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen tertentu tanpa petunjuk dokter karena dapat berakibat fatal.

  9. Mulailah berhemat dan menabung. Misalnya, mengeluarkan uang hanya untuk keperluan yang memang Anda butuhkan. Anda akan bersyukur ketika mengetahui berapa banyak uang yang bisa Anda kumpulkan untuk calon bayi Anda. (Aulia/doc.M&B)