Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah
Agar Cepat Hilang, Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasi Bruntusan. (Foto: Dok. Freepik)

Tak hanya jerawat, bruntusan pada wajah juga menjadi salah satu masalah kulit bagi kebanyakan orang. Bruntusan merupakan kondisi yang menggambarkan keadaan kulit yang permukaannya tidak rata atau terdapat bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit. Pada dasarnya, bruntusan merupakan jenis jerawat yang terbentuk akibat sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori.

Kondisi ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun, baik di tubuh maupun di wajah. Bagian wajah yang rentan mengalami bruntusan yaitu area T-zone (dahi, hidung, dagu), sementara bagian tubuh yang rentan mengalami bruntusan yaitu area punggung, leher, lengan, bahu, dan dada.

Bruntusan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti komedo, produksi sebum yang berlebihan, alergi, keringat, iritasi pada kulit wajah, tidak cocok dengan produk skincare dan kosmetik yang digunakan, milia, dermatitis, serta peradangan pada folikel rambut.

Dilansir dari Medical News Today, perubahan kadar hormon juga dapat menyebabkan munculnya kondisi kulit ini. Perubahan hormon dapat terjadi karena pubertas, menstruasi, kehamilan, dan konsumsi obat tertentu. Selain itu, munculnya bruntusan juga bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makeup, menggunakan sarung bantal dan handuk kotor, serta kurang bersih saat membersihkan riasan wajah.

Bruntusan di wajah tentu dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri serta menyebabkan wajah menjadi gatal dan kemerahan. Bahkan, masalah ini juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Supaya tidak semakin parah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bruntusan.

Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu produk saja untuk mencegah dan mengatasi bruntusan, tetapi diperlukan kombinasi perawatan kulit dan kebiasaan gaya hidup. Ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih bersih, sehat, dan glowing. Berikut ini ada 7 cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar bruntusan di wajah tidak semakin parah dan cepat hilang.

1. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Dikutip dari Healthline, cara paling mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bruntusan pada wajah adalah dengan tidak terlalu sering menyentuh wajah. Ini karena menyentuh wajah tidak hanya akan mengundang lebih banyak kotoran, minyak, dan bakteri yang dapat menyumbat pori, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi. Pada gilirannya, hal ini tentu saja dapat memperparah bruntusan pada wajah.

Selain itu, memencet dan mengeluarkan komedo pada wajah juga harus Anda hindari. Mengapa? Karena alih-alih mengatasi bruntusan, memencet dan mengeluarkan komedo justru dapat mendatangkan efek buruk seperti bisa memperparah kondisi, menyebabkan iritasi, dan meninggalkan bekas luka permanen.

2. Rajin membersihkan wajah

Tidak sedikit orang yang masih malas membersihkan wajahnya setelah seharian beraktivitas di luar ditambah menggunakan riasan wajah tebal. Anda salah satunya, Moms? Jika ya, mulai sekarang segera hentikan kebiasaan buruk ini. Bukan tanpa alasan, malas membersihkan wajah dapat membuat kotoran dan sisa makeup menumpuk di area wajah yang berujung pada munculnya bruntusan.

3. Menggunakan produk yang mengandung tea tree oil

Tea tree oil disebut-sebut sebagai antiinflamasi alami yang baik dan antimikroba. Dengan kedua sifat ini, tea tree oil dapat membantu mengatasi masalah bruntusan pada wajah.

4. Menggunakan produk yang mengandung witch hazel

Berasal dari tanaman berbunga dengan nama yang sama, witch hazel diketahui dapat membantu menyembuhkan bruntusan berkat astringent-nya yang dapat membuka pori-pori. Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat menemukan kandungan witch hazel dalam produk toner. Cukup basahi kapas dengan toner witch hazel, aplikasikan pada seluruh wajah secara merata. Gunakan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

5. Gunakan produk dengan kandungan salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat dapat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Asam salisilat mungkin paling bermanfaat sebagai tindakan pencegahan terhadap bruntusan. Anda dapat menemukan kandungan ini dalam banyak produk skincare, mulai dari pembersih wajah hingga pelembap.

6. Gunakan obat jerawat benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide dapat membantu sebagai spot treatment dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan melawan bakteri. Namun sayangnya, kandungan ini cenderung dapat membuat kulit terlalu kering. Oleh karena itu, cukup oleskan ke area bruntusan satu kali sehari.

7. Rutin melakukan eksfoliasi

Rutin melakukan eksfoliasi dapat membantu mengatasi masalah bruntusan. Ini tidak hanya bisa membuat kulit lebih halus, tetapi juga dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab munculnya bruntusan pada wajah. Pilihlah eksfoliator yang memiliki formula gentle. Ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit tanpa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah bruntusan. Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu untuk selalu menjaga kebersihan alat-alat makeup, menjaga kebersihan sarung bantal dan handuk, segera membersihkan badan terutama setelah berkeringat, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, dan segera hentikan pemakaian produk skincare yang tidak cocok. Bila bruntusan tidak kunjung hilang dan semakin meradang, segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)