Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Cara Atasi Kecemasan Ayah Baru

5 Cara Atasi Kecemasan Ayah Baru

Sebagai ayah baru, Anda pasti sangat bersemangat untuk ikut serta mengasuh Si Kecil. Namun ketika menggendongnya ia malah gelisah dan berontak, Anda pun kemudian berpikir, ”Apa saya melakukan kesalahan?” Beberapa ketakutan yang sering dirasakan, seperti takut Si Kecil terjatuh dari gendongan atau tidak sengaja menyakitinya acap kali terjadi pada seluruh ayah baru. Dan pria akan semakin merasa tidak kompeten menjadi ayah yang baik dan benar saat menghadapi bayi yang rewel. Untungnya, sangat mudah untuk menghalau semua perasaan itu. Dilansir melalui sumber Babyzone, berikut 5 tip untuk menghilangkan ketakutan para ayah baru.

 

1.Habiskan waktu lebih banyak bersama Si Kecil
Istri mungkin akan lebih cepat menenangkan Si Kecil saat menangis dibandingkan dengan Anda, namun sebenarnya ia pun belajar melakukan hal tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan kesempatan yang sedikit bersama anak adalah salah satu ganjalan ayah nyaman bersama anaknya. Dengan kata lain, semakin banyak Anda menghabiskan waktu bersama Si Kecil, akan semakin yakin pula Anda adalah ayah yang baik untuknya.

 

2.Jangan langsung menyerah
Katakan dalam hati, ”Saya bisa menangani ini,” atau ”Tidak apa, saya hanya butuh banyak latihan.” Tidak masalah meminta istri memberikan saran bagaimana menangani Si Kecil, karena memang dibutuhkan kerja sama untuk mengasuhnya. Meski begitu jangan langsung menyerah dan meminta bantuan istri. Cukup tanya apa yang harus Anda lakukan dan kalau tidak berhasil, jangan langsung menyerah begitu saja.

 

3.Mencoba mengerti bahasa Si Kecil
Bingung darimana memulainya? Cobalah dengan mempelajari bahasa Si Kecil. Meskipun kosa katanya masih sangat terbatas, jika Anda perhatikan dengan seksama, Anda akan mulai mengenali perbedaan saat Si Kecil merengek karena lelah, lapar, minta digantikan popoknya, atau bosan dan ingin diajak bermain.

 

4.Berinteraksi dengan Si Kecil
Setiap ayah baru biasanya bingung aktivitas apa yang bisa dilakukan bersama bayinya karena ia belum bisa bicara, tidak bisa menangkap bola, ataupun melakukan hal selain bermain dengan liurnya. Padahal sebenarnya Anda bisa melakukan banyak hal bersama Si Kecil lho, Dads! Misalnya menggendongnya sambil mendengarkan musik, membacakan cerita, atau hanya mengobrol padanya. Tidak apa-apa Anda membaca koran pagi, yang penting adalah ia mendengar suara Anda sehingga membuatnya aman dan nyaman. Itulah salah satu cara untuk membangun bonding.

 

5.Bermain dengan cara Anda
Pria dan wanita memiliki cara yang berbeda saat berinteraksi dengan anak mereka. Kaum adam lebih menekankan pada fisik dan energi yang tinggi, sedangkan kaum hawa cenderung menekankan sosial dan emosional. Jadi jangan menahan diri untuk melakukan berbagai kegiatan 'pria', seperti adu panco atau melompat-lompat di atas kasur, jika anak Anda perempuan. (Sagar/DT/Dok. M&B)