Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Manfaat Hobi Memelihara Burung untuk Kesehatan Anda

5 Manfaat Hobi Memelihara Burung untuk Kesehatan Anda

Memiliki hobi sangatlah penting untuk membantu diri kita tetap aktif dan terhindar dari stres. Nah, salah satu hobi yang semakin populer akhir-akhir ini adalah memelihara hewan. Hewan seperti anjing dan kucing sering kali menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh banyak orang dan keluarga. Lalu, bagaimana dengan burung?

Memelihara burung juga menjadi salah satu hobi yang populer dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, biasanya kaum pria yang punya kegemaran ini, dan memelihara burung umumnya erat kaitannya dengan hobi bapak-bapak yang sudah pensiun. Tak jarang mereka bisa menghabiskan waktu lama berinteraksi dengan burung peliharaan mereka, seperti memandikan, memberi makan dan minum, atau melatih suara burung peliharaan mereka.

Well, kini tak ada salahnya bagi Anda atau Si Kecil juga turut memelihara burung, karena memelihara burung ternyata punya banyak manfaat bagi orang yang melakukannya, lho. Berikut ini beberapa manfaat memelihara dan menghabiskan waktu bersama burung peliharaan.

1. Interaksi sosial

Anda pasti setuju bahwa interaksi sosial adalah hal yang baik untuk kesehatan mental. Untungnya, beberapa jenis burung tertentu mampu dan senang berbicara. Bahkan burung terkenal memiliki kemampuan intelektual yang cukup tinggi untuk dapat berkomunikasi. Tentu rasanya senang mendengar kicauan burung menyapa Anda di pagi hari saat baru bangun tidur, ya.

2. Baik bagi kesehatan otak

Burung merupakan salah satu hewan yang memiliki kecerdasan yang hebat, sehingga Anda bisa mengajarkan burung peliharaan berbagai macam trik yang seru dan menarik untuk dilihat, misalnya dengan memberi makan atau melatih burung mengeluarkan bunyi. Hal ini tak hanya membuat burung semakin terampil, tapi juga mampu mendorong otak Anda terus bekerja secara aktif sehingga menjaganya tetap tajam dan sehat.

3. Mencegah dan mengatasi stres

Layaknya hewan peliharaan lain, berbicara dan menghabiskan waktu dengan burung peliharaan dapat menjadi pelepas penat dan stres, lho. Anda dapat merasa lebih rileks dengan mendengar kicauan burung yang indah. Ya,  kicauan atau suara burung terasa sangat alami sehingga akan memberikan rasa tenang yang pada akhirnya juga dapat menurunkan tingkat stres kita.

Atau Anda juga bisa sekadar memperhatikan burung bertengger, makan maupun minum, atau bergerak ke sana kemari. Hewan peliharaan seperti burung selalu mampu membuat hari-hari Anda menjadi lebih menyenangkan dan memelihara burung bisa menjadi media relaksasi yang bagus bagi tubuh dan pikiran, sehingga dapat mencegah dan mengatasi stres yang ada.

4. Mengembangkan motorik

Dilansir dari NewBuryPort News, dijelaskan bahwa dalam proses memberi makan burung ada dampak positif yang bisa dirasakan oleh tubuh. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan motorik. Ini terjadi karena dalam proses pemberian makan burung, jari akan dilatih sehingga tidak kaku. Tentunya ini juga bisa jadi latihan keterampilan motorik untuk anak. 

5. Ikatan pertemanan

Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk memelihara dan merawat sesuatu. Hal ini membuat kita merasa dicintai dan diinginkan, sehingga dapat membuat kita lebih bahagia dengan didorongnya pelepasan hormon endorfin.

Selain itu, ikatan antara burung peliharaan dan pemiliknya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan ikatan pertemanan dua manusia. Nilai plusnya, burung Anda tak akan mengatakan tidak kepada Anda. Anda tidak akan merasa kesepian dan hal ini tentu dapat berdampak baik bagi kesehatan mental Anda. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)