Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips agar Aturan Screen Time untuk Anak Lebih Efektif

Tips agar Aturan Screen Time untuk Anak Lebih Efektif

Moms, seberapa sering Si Kecil diberikan waktu untuk bermain dan menatap layar gawai? Normalnya anak hanya diperbolehkan memiliki screen time selama 2 jam. Namun, masa pandemi nyatanya membuat anak perlu menggunakan gadget lebih lama dari batas waktu tersebut.

Terlepas dari proses belajar, Anda memang perlu memberikan batasan untuk screen time pada Si Kecil. Selain memengaruhi kinerja otak, menatap layar gadget terlalu lama juga bisa berdampak pada kesehatan mata serta motorik anak, khususnya di usia balita.

Tips mengatur screen time

Memang bukan hal mudah bagi Moms untuk memberikan batasan pada anak dari pemakaian gadget. Untuk mengatasi situasi tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini agar aturan screen time untuk Si Kecil bisa berjalan dengan efektif.

1. Sembunyikan gawai saat belajar

Ketika Si Kecil perlu mengerjakan tugas tanpa harus menggunakan gadget, Anda bisa menyembunyikannya terlebih dahulu. Pastikan bahwa anak tidak melihat handphone atau tablet, sehingga ia menjadi lebih fokus pada materi yang ia kerjakan.

2. Menciptakan ruang bermain sederhana

Salah satu alasan anak diberikan gadget adalah untuk membuatnya tetap tenang. Padahal, Moms bisa memberikan buku, puzzle, atau mainan balok sebagai cara untuk mengalihkan perhatiannya di waktu luang. Anda hanya perlu membuat sebuah sudut di ruangan menjadi area bermain anak yang sederhana tapi menyenangkan.

3. Beri kegiatan yang membuatnya aktif bergerak

Selain bermain secara tenang, ajak juga Si Kecil untuk aktif bergerak. Lakukan aktivitas seperti bermain alat musik dan melukis yang bisa dilakukan di dalam rumah, atau bermain sepak bola jika halaman rumah Anda cukup luas. Intinya, alihkan perhatian anak pada aktivitas fisik sehingga dapat meningkatkan kemampuan motoriknya.

MatePad T10 untuk bantu mengatur jadwal screen time


Agar pengaturan screen time berjalan dengan efektif, Moms bisa memanfaatkan MatePad T10 Kids Edition. Tablet khusus anak ini merupakan yang pertama dan diluncurkan oleh HUAWEI untuk membantu orang tua mengawasi penggunaan gadget pada anak.

Terdapat beberapa fitur menarik dan tentunya membantu Moms dan Dads dalam memberikan aturan screen time untuk Si Kecil, di antaranya:

* Parental Assistant pada Kids Corner yang memungkinkan orang tua untuk menetapkan batasan yang jelas antara aplikasi, gambar, dan video apa yang dapat dan tidak dapat diakses oleh anak.

* Layar sudah diberi pelindung mata teruji yang telah lulus sertifikasi low blue light TÃœV Rheinland, yang dapat secara efektif menyaring blue light berbahaya dan mencegah kelelahan.

* Posture Alert dan Bumpy Road Alerts yang akan mengingatkan anak untuk membiasakan diri menjaga posisi dan mata secara lebih baik.

* Memiliki aplikasi yang ramah anak, seperti Azoomee dan BabyBus – Baby Panda World.

* Dilengkapi dengan Kids Case dan Stylus Pen yang aman untuk anak-anak, yang cocok untuk kebutuhan menonton video, bermain, menggambar, dan fotografi bagi anak.

* Terdapat fitur yang akan membatasi pemakaian tablet, sehingga tidak bisa dipakai oleh anak ketika proses pengisian daya (charging).


Dengan semua keuntungan tersebut, Moms sudah bisa mendapatkan HUAWEI MatePad T10 Kids Edition dengan harga Rp2.899.000. Anda pun dapat melakukan pre-order untuk pembelian tablet mulai dari 16-25 Juni 2021, baik secara offline maupun di e-commerce seperti JD.ID. Kunjungi situs https://consumer.huawei.com/id/ atau akun Instagram official @huaweimobileid untuk informasi mengenai promo yang bisa Anda dapatkan selama masa pre-order ini. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, HUAWEI Mobile Indonesia)