Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Kebiasaan yang Bikin Bentuk Wajah Asimetris atau Miring Sebelah

7 Kebiasaan yang Bikin Bentuk Wajah Asimetris atau Miring Sebelah

Seiring bertambahnya usia, perubahan pada wajah pun mulai banyak terlihat, mulai dari bintik hitam karena paparan matahari langsung, keriput, hingga perubahan bentuk wajah menjadi asimetris. Nah, urusan bentuk wajah asimetris ini memang cukup membingungkan ya, Moms.

Apa sih, penyebab bentuk wajah berubah menjadi asimetris atau miring ke salah satu sisi wajah? Ternyata, perubahan bentuk wajah ini bisa dipicu oleh hal-hal sederhana yang Anda lakukan setiap hari lho, Moms! Sebelum ini terjadi, mari ketahui kebiasaan sederhana apa saja yang bisa mengubah bentuk wajah menjadi asimetris!

1. Berjemur

Menikmati matahari pagi memang baik, tapi sebaiknya Anda rutin mengganti posisi wajah agar sinar matahari tidak hanya menghantam satu sisi wajah Anda saja. Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan flek hitam, warna kulit tidak merata, dan perlahan dapat mengubah wajah menjadi asimetris. Untuk mencegahnya, jangan biarkan hanya satu sisi wajah yang terpapar matahari terus-menerus ya, Moms.

2. Memiringkan kepala

Tanpa Anda sadari, mungkin Anda sering memiringkan kepala ke satu sisi. Ini mungkin dilakukan tiap kali Anda merasa bingung, tegang, atau lelah. Jika sekilas dilihat, memiringkan kepala ke satu sisi mungkin hal yang biasa saja, namun jika rutin dilakukan, hal tersebut bisa mengubah bentuk wajah Anda menjadi asimetris atau miring ke satu sisi lho, Moms.

3. Tidur miring pada satu posisi

Aneh tapi nyata! Jarang mengganti posisi tidur bisa menyebabkan wajah asimetris. Bayangkan saja, Anda menghabiskan waktu setidaknya 8 jam sehari untuk tidur. Ya, 1/3 hidup Anda dalam sehari dihabiskan untuk tidur. Kalau posisi tidur Anda selalu miring ke satu sisi wajah, wajar saja jika area tersebut akan tertekan dan akhirnya miring sebelah atau menjadi asimetris.

Tidur tengkurap juga bisa menyebab wajah asimetris lho, Moms. Selalu tidur dengan posisi tengkurap bahkan bisa mengubah struktur rahang dan gigi Anda. Karena itu, penting untuk rutin mengubah posisi tidur menjadi lebih variatif, agar bentuk wajah tidak ikut berubah.

4. Duduk menyilangkan kaki

Apakah Anda termasuk orang yang sering duduk sambil menyilangkan kaki? Jika ya, Anda harus ubah kebiasaan ini segera sebelum bentuk wajah Anda berubah asimetris. Risiko ini semakin meningkat jika arah kaki yang sering disilangkan selalu sama, sering dilakukan, dan dalam waktu yang lama pula.

5. Menyilangkan tangan di wajah

Saat menonton TV atau menunggu sesuatu, apakah Moms sering menyilangkan tangan di atas meja untuk menopang dagu dan wajah? Ini kebiasaan yang bisa mengubah bentuk wajah menjadi asimetris, lho! Stop kebiasaan menyilangkan tangan untuk menopang wajah, agar bentuk wajah tetap proporsional dan tidak miring sebelah.

6. Mengunyah pada satu sisi

Umumnya, setiap orang memiliki sisi gigi favorit yang paling sering digunakan untuk mengunyah makanan. Sayangnya kebiasaan ini bisa mengubah bentuk wajah menjadi asimetris jika dilakukan dalam waktu lama. Mengunyah tentu berkaitan erat dengan otot-otot wajah, yang menjadi kuat sebelah saja jika Moms selalu mengunyah pada satu sisi. Akibatnya sudah jelas, perlahan tapi pasti wajah pun bisa berubah menjadi asimetris.

7. Merokok

Duh, kebiasaan yang satu ini benar-benar tidak ada manfaatnya! Selain tidak menyehatkan, sering merokok juga bisa mengubah bentuk wajah menjadi asimetris. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Plastic Surgery and Otolaryngology-Head and Neck Surgery di Case Western Reserve University, terdapat kaitan erat antara merokok dan perubahan bentuk wajah asimetris.

Penelitian tersebut mengamati 79 pasang kembar identik, yang salah satunya merokok atau yang keduanya merokok namun terpaut 5 tahun dalam hal mulai merokok. Hasilnya, kembar yang merokok atau lebih dulu merokok memiliki wajah yang lebih asimetris dibandingkan kembarannya yang tidak merokok atau merokok belakangan.

Nah, hindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa mengubah bentuk wajah Anda menjadi asimetris ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)