Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

9 Makanan yang Sering Bikin Ibu Hamil Ngidam

9 Makanan yang Sering Bikin Ibu Hamil Ngidam

Ibu hamil kerap sangat ingin makan makanan tertentu. Rasa ingin yang teramat sangat ini biasa dikenal dengan istilah ngidam. Bahkan, ada mitos yang sangat terkenal mengatakan bahwa jika ngidam tidak dipenuhi, bayi yang lahir nantinya akan banyak meneteskan air liur. Ngidam sendiri bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan serta adanya kemungkinan kekurangan nutrisi tertentu.

Ada bermacam makanan yang bisa bikin bumil ngidam, mulai dari makanan manis, asin, asam, sampai pahit. Meski makanan yang membuat ngidam tidak selalu sama pada setiap ibu hamil, namun ada beberapa makanan yang diyakini paling sering membuat para calon ibu ini ngidam. Apa saja, ya?

1. Es krim

Tampaknya es krim menjadi produk olahan susu yang menempati urutan pertama makanan yang sering membuat bumil ngidam. Rasanya yang manis dan menyegarkan tentu tak bisa ditolak kan, Moms? Di samping itu, Anda perlu tahu bahwa keinginan makan es krim saat hamil ini bisa dikarenakan tubuh Anda sedang kekurangan kalsium.

2. Cokelat 

Keinginan makan cokelat dikaitkan dengan peningkatan kebutuhan kalori pada wanita saat hamil. Bila Anda ngidam makan cokelat, lebih baik Anda pilih untuk mengonsumsi dark chocolate. Selain bisa memuaskan ngidam Anda dengan lebih baik, mengonsumsi dark chocolate juga telah terbukti bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kaya antioksidan.

3. Daging

Daging merupakan salah satu makanan lezat yang sepertinya sulit ditolak ya, Moms. Tak heran bila Anda sering ngidam makan daging saat hamil. Keinginan ibu hamil untuk makan daging disinyalir karena tubuh sedang kekurangan protein dan zat besi.

4. Telur

Telur merupakan sumber protein yang fantastis. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa bumil lumayan sering ngidam makan telur. Namun, saat mengonsumsinya, pastikan kuning dan putih telur sudah benar-benar matang untuk mengurangi risiko terpapar bakteri Salmonella.

5. Keju 

Ngidam makan keju saat hamil bisa jadi disebabkan kebutuhan tubuh akan kalsium. Namun ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya Moms, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan.

6. Acar

Moms, siapa dari Anda yang ngidam makan acar saat hamil? Keinginan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kombinasi rasa asam dan asin ini kemungkinan dikarenakan tingkat sodium di dalam tubuh Anda yang rendah.

7. Lemon

Biasanya saat trimester kedua atau ketiga, bumil ngidam makan buah yang memiliki rasa asam satu ini. Hal ini disinyalir karena indra pengecap Anda berubah, sehingga ingin merasakan makanan yang lebih bervariasi.

8. Buah

Moms tentu ingin bisa menjalani kehamilan yang sehat dengan menjaga pola makan Anda dan mengonsumsi makanan bergizi. Tak heran bila buah-buahan menjadi salah satu makanan sehat yang sering membuat Anda ngidam. Di sisi lain, ngidam makan buah saat hamil ini bisa memberikan sinyal akan kebutuhan vitamin C yang harus dipenuhi.

9. Makanan pedas

Ngidam makan makanan pedas tampaknya bukan hal aneh buat bumil, bahkan buat Anda yang bukan penggemar makanan pedas sekalipun. Selain karena perubahan indra pengecap, keinginan mengonsumsi makanan pedas mungkin bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh yang naik akibat metabolisme yang tinggi saat hamil.

Nah, kalau Moms sendiri paling sering ngidam makanan apa? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth