Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Makanan Kaya Manfaat yang Mengandung Protein Tinggi

10 Makanan Kaya Manfaat yang Mengandung Protein Tinggi

Baik anak-anak maupun orang dewasa tentu membutuhkan protein sebagai salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Protein berperan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membangun sel dan jaringan tubuh yang baru.

Selain itu, protein juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan massa otot, mempercepat proses pemulihan luka, dan menurunkan tekanan darah. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan protein sekitar 56-65 gram/hari dan 25-50 gram/hari untuk anak-anak. Anda dan keluarga bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi makanan kaya protein berikut ini, Moms.

1. Telur

Telur memang menjadi salah satu makanan yang tinggi akan protein. Putih telur dalam sebutir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan 75 kalori yang berguna untuk melindungi mata serta menutrisi otak. Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Dada ayam

Daging dada ayam menjadi salah satu makanan yang tinggi protein dan mudah untuk diolah. Dalam 1 ekor ayam, bagian dada tanpa kulit memiliki kandungan protein sebanyak 53 gram dan 284 kalori. Selain direbus, Moms juga bisa menumis atau memasukkannya ke dalam menu sup untuk Si Kecil.

3. Daging sapi

Selain daging ayam, Moms juga dapat mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 85 ons daging sapi terkandung 22 gram protein dan 184 kalori di dalamnya, lho!

4. Ikan tuna

Dari beragam ikan yang ada, tuna menjadi jenis ikan dengan kadar protein yang tinggi. Dalam 1 ons ikan tuna terdapat 30 gram protein, 157 kalori, serta kaya akan lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

5. Udang

Salah satu jenis makanan laut yang tinggi protein adalah udang. Makanan yang lezat untuk diolah menjadi menu apa pun ini juga rendah lemak. Setidaknya terkandung 24 gram protein, 99 kalori, serta selenium dan vitamin B12 di dalam 1 ons udang.


6. Gandum

Selain kaya serat, gandum juga tinggi akan protein, magnesium, vitamin B1, dan nutrisi lainnya. Lebih jelas, kadar protein dalam gandum mentah sebanyak 13 gram dan 303 kalori. Moms bisa mengonsumsinya dengan cara dimasak dan ditambahkan buah-buahan sehingga nutrisinya semakin bertambah.

7. Kacang almond

Kacang-kacangan juga memiliki protein yang baik untuk tubuh, salah satunya kacang almond, dengan kadar protein mencapai 6 gram per 1 ons. Selain itu, kacang almond juga mengandung serat, vitamin E, mangan serta magnesium.

8. Susu

Susu tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga mengandung 8 gram protein di dalam satu cangkirnya. Di dalam susu juga terkandung fosfor, vitamin B2, dan kalori sebanyak 103 kalori yang baik untuk tubuh.

9. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang diolah dari susu dan melalui proses fermentasi. Meski begitu, dalam 170 gram yoghurt terkandung 12 gram protein. Teksturnya yang lembut pasti jadi favorit Moms dan bisa menjadi menu MPASI kesukaan Si Kecil.

10. Keju cottage

Satu lagi olahan dari susu adalah keju, dan jenis keju cottage sangat baik untuk konsumsi secara rutin, sebab keju satu ini cenderung rendah lemak dan tinggi akan protein, sekitar 27 gram. Selain itu, keju cottage juga mengandung kalsium, fosfor, vitamin B2 dan B12 yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang anak Anda.

Walaupun baik untuk tubuh, namun Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Dan yang juga penting, Moms pun harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian lainnya untuk seluruh anggota keluarga Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)