Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Obat Alami untuk Bantu Mengatasi Diare pada Bayi

7 Obat Alami untuk Bantu Mengatasi Diare pada Bayi

Gangguan pencernaan memang masalah yang sangat terjadi pada bayi dan balita. Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami adalah diare atau mencret, kondisi saat Si Kecil BAB dengan frekuensi yang lebih sering daripada biasanya disertai dengan tekstur feses yang lebih cair.

Tak hanya itu, diare pada bayi juga bisa membuat tubuh Si Kecil demam, mual hingga muntah, dan rewel karena merasa tidak nyaman. Namun, Moms tentunya tidak boleh sembarangan dalam mengobati diare yang dialami bayi. Agar lebih aman, sebaiknya Moms memilih bahan alami untuk meredakan masalah diare pada bayi. Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda berikan pada Si Kecil.

Baca juga: Cegah Diare Berat, Imunisasi Rotavirus Gratis untuk Semua Bayi di Indonesia

1. ASI

Asupan utama yang tentu sangat baik buat bayi adalah ASI. Selama diare, Moms tetap harus menyusui Si Kecil. Memberikan ASI akan membantu mempercepat pemulihan Si Kecil dari masalah pencernaan ini, karena ASI mengandung nutrisi serta antibodi yang dibutuhkan untuk meredakan diare serta mencegah Si Kecil mengalami dehidrasi akibat masalah tersebut.

2. Solusi rehidrasi oral

Meski sederhana, nyatanya campuran air, gula, dan garam bisa menjadi obat diare untuk bayi Anda. Moms bisa menyiapkan satu liter air yang ditambahkan dengan 6 sendok teh gula dan setengah sendok teh garam, lalu aduk hingga larut. Menurut penelitian dalam Journal of Pediatrics & Child Health, campuran ini bisa diserap oleh tubuh dengan baik meskipun Si Kecil diare disertai dengan muntah-muntah.

3. Cairan rehidrasi oral atau oralit

Moms tentu familiar dengan oralit atau dalam istilah medis disebut cairan rehidrasi oral (CRO). Obat ini sebenarnya berfungsi untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi yang terjadi ketika seseorang mengalami diare. Cairan khusus yang mengandung air serta elektrolit ini juga bisa diberikan saat bayi mengalami diare.

Salah satu artikel dari International Journal of Epidemiology menemukan bahwa oralit cukup efektif sebagai obat untuk mengatasi diare pada bayi. Apabila Si Kecil tidak menunjukkan tanda dehidrasi, Moms bisa memberikan larutan oralit sebanyak 5-10 ml setiap kali bayi buang air besar dengan tekstur cair.

4. Air kelapa

Air kelapa muda dan murni memang punya banyak khasiat, termasuk sebagai obat untuk mengatasi diare. Di dalamnya terkandung zat besi, kalsium, dan fosfor. Air kelapa juga memiliki keseimbangan elektrolit yang sama dengan darah. Anda bisa memberikannya kepada Si Kecil 2-3 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga ia tidak mengalami dehidrasi.

5. Pisang

Saat mengalami diare, bayi kehilangan banyak kalium yang keluar bersama kotorannya. Pisang merupakan buah yang mengandung kalium tinggi. Buah ini juga bisa membantu memulihkan kekuatan Si Kecil saat diare. Pisang sangat mudah diperoleh dan biasanya bayi juga menyukai rasanya yang manis.

6. Lemon

Buah lemon kaya dengan kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Hal ini menjadikan lemon sebagai obat diare yang aman untuk diberikan kepada Si Kecil. Berikan satu sendok jus lemon 4-5 kali sehari untuk meredakan diare, sehingga perutnya terasa lega dan keseimbangan pH dalam tubuhnya jadi makin baik.

7. Sayuran berdaun hijau gelap

Apabila Si Kecil sudah mengonsumsi MPASI, sayuran berdaun hijau gelap bisa menjadi obat untuk meredakan diare yang dialami. Moms bisa mengolah bayam atau brokoli sebagai sumber serat untuk membersihkan usus dan melancarkan fungsi kerjanya. Selain diare, sayuran berdaun hijau gelap ini juga efektif mengobati sembelit pada anak.

8. Makanan BRAT

Moms perlu tahu bahwa memberikan jenis makanan BRAT (Bread, Rice, Applesauce, Toast) bisa menjadi solusi saat bayi mengalami diare. Olah roti tawar, nasi putih, apel, dan roti panggang ini sebagai menu MPASI untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil, terutama sistem pencernaannya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)