Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

13 Tanda Suami Narsis, Apa Pasangan Anda Termasuk Salah Satunya?

13 Tanda Suami Narsis, Apa Pasangan Anda Termasuk Salah Satunya?

Moms, apa yang Anda pikirkan saat dulu bertemu dengan Dads? Apakah ia sosok yang ramah, menawan, dan memiliki segala kriteria pria yang Anda idamkan? Mungkin dulu Anda merasa menjadi wanita yang paling beruntung karena bisa mendapatkan pria seperti Dads, tapi jangan-jangan kini sosok yang Anda kagumi itu berubah setelah menikah.

Biasanya setelah menikah, tabiat asli seseorang memang lebih terlihat, sama halnya dengan pria. Apa kini suami Anda suka mengkritik dan mengendalikan Anda? Hati-hati Moms, ini bisa jadi pertanda pasangan Anda adalah suami yang narsis, lho. Apa saja sih, tanda-tanda suami yang narsis? Ini dia, Moms!

1. Merasa lebih baik dibandingkan orang lain

Pria yang narsis mungkin akan sibuk memberi tahu semua orang tentang semua pencapaiannya yang "hebat". Ia ingin orang-orang berpikir bahwa ia lebih baik atau lebih hebat daripada yang orang pikirkan, termasuk lebih baik daripada Anda, Moms.

2. Tidak mau mendengarkan opini Anda

Mulai dari hal sederhana sampai hal yang krusial, seperti mengambil kredit rumah atau mobil, suami yang narsis mungkin tidak terlalu mendengarkan pendapat Anda. Ia bisa saja berpura-pura mendengarkan, tetapi pada akhirnya ia melakukan apa pun sesuai dengan keinginannya.

3. Menganggap dirinya selalu merasa benar

Pria yang narsis berpikir bahwa ia tahu segalanya. Bila Anda berdiskusi mengenai suatu hal dengan suami yang narsis, ia tidak peduli dengan kebenaran dari cara berpikirnya, ia hanya perlu menang saat berdiskusi dan menganggap dirinya selalu benar.

4. Selalu mengontrol Anda

Suami Anda mungkin membatasi "pergerakan" Anda atau memperlakukan Anda seperti anak kecil saat Anda di rumah. Selain itu, mungkin ia akan sering mengatur Anda untuk berpakaian dan melarang Anda untuk pergi bersama teman-teman.

5. Suka memanipulasi

Moms, pernah mendengar istilah gaslighting? Ini adalah bentuk manipulasi yang biasanya terjadi dalam hubungan yang tidak sehat. Bentuk manipulasi ini dilakukan oleh seseorang untuk terlihat berkuasa dan dapat mengontrol orang lain dengan cara membuat korbannya tidak yakin dengan dirinya sendiri.

Nah, salah satu tanda suami yang narsis adalah melakukan gaslighting dengan cara menanamkan benih keraguan di kepala Anda, sampai akhirnya membuat Anda mempertanyakan dan tidak yakin apakah pemikiran atau keputusan yang Anda buat sudah tepat.

6. Selalu ingin dipuji

Seorang suami yang narsis selalu ingin diberi tahu betapa menakjubkannya dirinya. Ia selalu ingin terlihat baik dan hebat di hadapan semua orang serta dikagumi orang, terutama tentunya oleh Anda, Moms.

7. Tidak memiliki empati

Suami yang narsis benar-benar tidak memiliki kemampuan untuk melihat perspektif dari Anda tentang apa pun. Ia tidak peduli bagaimana perasaan Anda atau jika Anda terluka. Ia hanya peduli pada dirinya sendiri dan apa yang ia pikirkan. Ia juga mungkin tidak memperhatikan ketika Anda merasa sedih atau marah.

8. Selalu menyalahkan Anda

Jangan heran bila Dads tidak bertanggung jawab atas apa pun dan dan selalu menyalahkan Anda. Semuanya selalu salah Anda, Moms. Ia sama sekali tidak melakukan kesalahan. Bahkan ketika Anda berusaha memperlihatkan tindakannya yang tidak benar, Dads akan menyangkalnya dan malah mencoba menyalahkan Anda.

9. Selalu merasa sebagai korban

Karena tidak pernah merasa berbuat salah, suami yang narsis biasanya akan selalu berlaku sebagai korban dari perbuatan orang lain. Jika proyek di tempat kerjanya gagal, ia mungkin akan menyalahkan atasan, rekan kerja, atau kliennya. Ia terus-menerus memiliki mentalitas korban karena ia tidak dapat melihat tindakannya sendiri dan melihat bahwa ia memiliki tanggung jawab.

10. Tidak pernah merasa bersalah

Saat Moms tersakiti karena perkataan atau perbuatannya, suami Anda yang narsis tentu tidak akan pernah merasa bersalah atas perbuatan yang ia lakukan pada Anda. Bahkan setelah Anda memergokinya mengirim pesan ke wanita lain, ia tidak akan merasa bersalah sama sekali dan malah mengabaikannya seolah itu bukan masalah besar, dan malah menyuruh Moms untuk melupakannya.

11. Suka berbohong

Segala sesuatu yang keluar dari mulutnya mungkin hanya bualan atau bohong semata. Meski Moms belum tahu apakah suami Anda berbohong atau tidak, Anda mungkin memiliki insting bahwa apa yang ia katakan di berbagai situasi tidaklah benar.

12. Jahat dan kasar

Suami yang narsis bisa berlaku jahat atau kasar pada Anda, mulai dari mengkritik bagaimana penampilan Anda sampai memberi tahu Anda bahwa Anda beruntung memilikinya karena tidak ada yang menginginkan Anda selain dia. Berhati-hatilah, suami yang narsis bahkan mungkin bisa menyiksa Anda secara fisik.

13. Senang melihat Anda tersiksa atau tersakiti

Karena ia tidak memiliki empati, maka tak heran bila suami yang narsis senang melihat istrinya kesakitan atau menderita secara emosional maupun fisik. Ini memberinya perasaan berkuasa atas diri Anda, Moms.

Duh, semoga Dads tidak memiliki dan menunjukkan tanda-tanda tersebut ya, Moms. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle