Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bye Boros! Yuk, Coba 7 Cara Menabung Unik Antigagal Ini, Moms!

Bye Boros! Yuk, Coba 7 Cara Menabung Unik Antigagal Ini, Moms!

Tentunya kita semua tahu pentingnya menabung. Bahkan, pada masa pandemi seperti sekarang ini, memiliki tabungan adalah hal yang sangat penting karena bisa menjadi cadangan dana darurat keluarga.

Namun, tak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk menabung dan bahkan justru semakin boros. Hmm, apakah Moms salah satunya? Kalau ya, saatnya Anda mencoba 7 cara menabung unik dan antigagal berikut ini! Dijamin, tak ada lagi alasan sulit untuk menabung, deh.

1. Menabung dalam wadah bening

Cara klasik dan sederhana ini sudah terbukti cukup efektif lho, Moms. Tanpa disadari, menabung dalam toples atau wadah kaca tembus pandang bisa menyugesti kita untuk terus semangat menabung karena kita terus melihat jumlah uang dalam wadah bertambah.

Supaya lebih termotivasi, Moms juga bisa menempelkan foto atau tulisan mengenai tujuan Moms menabung. Jumlah uang yang ditabung pun tidak perlu langsung besar, kok. Yang penting, Moms konsisten untuk mengisi toples tersebut setiap hari.

2. Kumpulkan recehan

Jangan meremehkan uang receh, Moms! Ngaku deh, kadang kita memandang sebelah mata uang receh atau uang kembalian karena repot untuk membawanya, kan? Nah, kalau tidak ingin menaruhnya di dompet, simpan saja di tabungan! Siapkan saja wadah khusus dan masukkan seluruh uang receh yang Moms miliki ke dalamnya. Jika dilakukan secara rutin, uang receh tersebut juga bisa memberikan hasil yang tak terduga, lho. Jika sudah mencapai nominal yang cukup besar, Moms tinggal menabungkannya di bank.

3. Uang terkecil di dompet

Moms masih sering menggunakan uang tunai? Tak ada salahnya lho, menyisihkan uang dengan nominal terkecil yang ada di dalam dompet Moms setelah selesai berbelanja dan menabungnya di celengan. Tanpa Moms sadari, uang yang Moms kumpulkan ini bisa semakin bertambah banyak.

4. Menabung dengan nominal sesuai tanggal

Asalkan konsisten dilakukan, cara menabung ini cukup efektif lho, untuk Moms yang sering kali gagal menabung. Caranya, Moms cukup menabung uang dengan jumlah nominal sesuai tanggal kalender, dan dilakukan setiap hari.

Misalnya, masukkan uang Rp1.000 ke dalam celengan pada tanggal 1, lalu tanggal 2 Rp2.000, dan selanjutnya hingga akhir bulan. Moms juga bisa memulainya dari nominal besar terlebih dahulu, misalnya Rp31.000 pada tanggal 1, dan diakhiri dengan Rp1.000 di tanggal 31, sesuai kenyamanan Anda. Sebagai penyemangat nih Moms, jika kita menabung dengan cara ini, setidaknya dalam satu bulan kita bisa mengumpulkan uang sekitar Rp496.000. Artinya, dalam setahun kita bisa lho, mengumpulkan uang sekitar hampir 6 juta rupiah!

5. Menabung di tanggal favorit

Untuk Moms yang merasa menabung harian terlalu berat, coba deh tentukan satu tanggal tertentu dan disiplin untuk menabung di tanggal tersebut. Karena hanya dilakukan sebulan sekali, nominalnya harus lebih besar ya Moms, dibandingkan dengan menabung setiap hari. Tak hanya satu tanggal, jika mau dan siap, Moms juga bisa menentukan lebih dari satu tanggal setiap bulannya. Jika sudah terbiasa, perlahan-lahan coba untuk menaikkan nominal uang yang Anda tabung, ya.

6. Menabung acak sesuai tabel

Metode menabung yang viral sejak dibagikan lewat akun TikTok @furi.id ini unik dan seru, lho. Pasalnya, Moms bisa menentukan sendiri target tabungan dan durasi menabung dari awal.

Misalnya, Moms memiliki target tabungan sebesar Rp10 juta yang ingin dicapai dalam 3 bulan. Maka Moms tinggal membuat tabel tabungan sebanyak 90 kolom (90 hari), lalu memecah jumlah 10 juta itu secara acak ke dalam angka-angka yang bisa Moms jangkau setiap hari dalam 3 bulan tersebut. Coret setiap angka nominal yang sudah Moms tabung dan lanjutkan terus hingga target Moms tercapai.

7. Autodebet saat gajian

Kalau Moms masih juga merasa sulit menabung dengan cara-cara di atas, Moms bisa mencoba "cara paksa" yaitu mengaktifkan fitur menabung otomatis (autodebet). Jadi, mau tak mau, saldo Anda akan langsung terpotong setiap bulan di tanggal pilihan untuk tabungan. Untuk ini, Moms harus membuat rekening khusus tabungan juga, ya. Jadi, tidak akan ada lagi alasan gagal menabung di tengah jalan, deh. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)