Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Moms, Ini 5 Super Power yang Bisa Anda Berikan kepada Anak

Moms, Ini 5 Super Power yang Bisa Anda Berikan kepada Anak
Family photo created by pvproductions - www.freepik.com

Moms, Anda mungkin bukan superhero seperti Wonder Woman atau Captain Marvel. Tapi Anda tetap bisa memberikan super power untuk perlindungan Si Kecil, lho!

Sebagai seorang ibu, Anda tentunya ingin selalu memberikan yang terbaik bagi anak Anda. Bukan hanya soal makanan dan kebutuhan sehari-hari, ada 5 kekuatan super yang juga bisa Anda berikan untuk sang buah hati.

Kelima super power inilah yang nantinya akan membantu proses tumbuh kembang Si Kecil baik secara fisik maupun mental. Apa saja kelima kekuatan tersebut? Simak daftarnya berikut ini menurut laman Healthychildren.org.

1. Imunisasi

Memberikan semua jenis imunisasi yang dibutuhkan Si Kecil sesuai jadwal sejak lahir merupakan salah satu kekuatan terkuat untuk melindungi anak dari berbagai jenis gangguan kesehatan. Vaksinasi yang diberikan akan membangun sistem daya tahan tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri maupun virus jahat yang bisa berakibat fatal bagi tubuh. Selain vaksinasi rutin, saat ini Anda juga perlu melindungi anak yang sudah berusia 12 tahun ke atas dengan vaksin COVID-19.

2. Resiliensi

Stres tidak hanya menjadi bagian dari kehidupan orang dewasa, tapi juga anak-anak. Banyak hal yang membuat Si Kecil stres, mulai dari lingkungan, sekolah, atau tekanan dari teman-teman. Faktanya, stres bisa memengaruhi perkembangan otak dan tubuh anak. Oleh sebab itu, Moms perlu memberikan kekuatan resiliensi bagi Si Kecil agar ia mampu bangkit dari pengalaman yang mungkin bisa memicu stres.

Resiliensi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan tetap tangguh pada masa sulit. Jadi, Moms perlu membantu anak untuk percaya diri akan kemampuannya, membantu membangun hubungan yang kuat dengan orang tua, teman-teman, serta lingkungan di sekitarnya. Dengan begitu, anak akan memiliki kekuatan untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin dihadapinya.

3. Empati

Kekuatan yang satu ini tak kalah penting. Membantu anak membangun rasa empati merupakan suatu sikap yang memiliki kekuatan dahsyat dalam menjalani kehidupan. Empati merupakan kemampuan untuk mengerti perasaan, pemikiran, dan kehidupan orang lain.

Empati membantu anak untuk berhubungan dengan orang lain dengan cara yang positif. Sebagai catatan, hubungan baik dengan orang lain juga merupakan cara untuk mengurangi stres. Dengan memiliki rasa empati yang besar, maka anak akan terhindar dari perbuatan kasar dan rasis. Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa empati pada anak adalah dengan membaca bersamanya.

4. Kebugaran

Aktivitas fisik atau kegiatan olahraga memiliki efek signifikan bagi tubuh serta otak anak-anak. Kegiatan ini membantu membangun otot dan tulang yang kuat, serta koordinasi dan fleksibilitas. Selain itu, aktivitas fisik juga membantu mengurangi tingkat obesitas pada anak yang semakin tinggi pada saat ini. Moms tentunya tahu bahwa obesitas merupakan salah satu kondisi yang bisa memicu berbagai penyakit, seperti diabetes dan masalah jantung.

Di sisi lain, aktivitas fisik diyakini mampu mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membantu anak untuk bisa fokus di sekolah. Bahkan American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak-anak berusia 6 tahun ke atas untuk melakukan aktivitas fisik selama 60 menit setidaknya setiap beberapa hari dalam seminggu.

5. Mencintai bumi

Berikan Si Kecil pengetahuan tentang cara bagaimana ia menyelamatkan bumi! Tumbuhkan rasa cinta dan menghargai alam dengan menghabiskan waktu di tempat-tempat seperti gunung, hutan, atau pantai jika memungkinkan.

Moms juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi tentang masalah alam yang terjadi, seperti perubahan iklim, kebakaran hutan, dan banjir. Bantu Si Kecil untuk fokus mencari solusi masalah tersebut. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres memikirkan masa depan dan memberikan kekuatan bagi anak untuk mengambil tindakan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)