Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tip untuk Bumil di Kantor

Tip untuk Bumil di Kantor

Menjadi ibu hamil bekerja memang tidak mudah. Mungkin akan banyak kesulitan yang  dialami karena berbagai perubahan, termasuk fisik dan hormonal. Pekerjaan Anda mungkin akan terasa lebih berat dari sebelumnya. Anda perlu menyesuaikan beberapa kebiasaan kerja Anda untuk mengurangi tekanan. Berikut beberapa tip yang perlu diperhatikan bumil saat bekerja.

 

1. Pada awal masa kehamilan, emosi Anda seringkali tak terkendali. Berbagi cerita atau 'curhat' pada orang yang Anda percaya bisa membantu mengurangi tekanan Anda.

 

2. Jangan memaksakan kondisi fisik Anda. Jika Anda berusaha menahan mual, pusing atau keluhan lain yang menyakitkan saat bekerja, bicarakan pada atasan Anda. Tidak perlu memaksakan diri. Diskusikan apa solusi yang bisa mengatasi hal ini. Apakah Anda bisa mendapatkan keringanan dalam pekerjaan, atau setidaknya bekerja di rumah.

 

3. Jangan lewatkan istirahat siang Anda. Cukupi kebutuhan air mineral Anda, tetap konsumsi makanan yang bergizi, dan jangan pernah meninggalkan sarapan selama hamil. Manfaatkan pula jam istirahat Anda untuk menghirup udara segar di luar kantor.

 

4. Batasi pula kafein Anda. Para ahli merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein saat hamil, maksimal sekitar 200mg per hari, atau sekitar dua cangkir kopi instan. Waktu yang tepat untuk meminum kopi adalah antara jam 9:30 dan 11:30. Menurut seorang ahli saraf AS, Steven Miller, saat itulah tingkat hormon kortisol kita menurun.

 

5. Jika Anda cukup lelah dengan pekerjaan Anda, sempatkan waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan terlebih dahulu, baru lakukan pekerjaan yang lebih menantang.

 

6. Tidak perlu terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda, cari hiburan dengan humor. Tertawa dapat membangkitkan hormon bahagia Anda. Anda bisa membuat lelucon dengan teman-teman Anda untuk mencairkan situasi yang canggung, dan memperbaiki suasana hati Anda. Namun, tetap jangan berlebihan dan jaga reputasi Anda di kantor. (Aulia/DT/dok.M&B UK)