Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Facebook Rilis Buku Panduan Anti-Ribet agar Aman #NyamandiSosmed

Facebook Rilis Buku Panduan Anti-Ribet agar Aman #NyamandiSosmed

Hari gini enggak punya medsos? Sepertinya hampir semua millenial moms pasti punya setidaknya 1 medsos, ya. Menikmati media sosial memang seru, Moms bisa mendapat info terkini sambil menjaga hubungan dan silaturahmi dengan teman lama. Tapi ingat, berada di media sosial juga harus menguasai jurus-jurus aman agar Moms semakin #NyamandiSosmed.

Menyadari pentingnya edukasi keamanan dan privasi di medsos, Facebook meluncurkan buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' sebagai bagian dari kampanye #NyamandiSosmed. Buku panduan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mudah bagi orang-orang tentang kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Apa saja sih, langkah penting yang bisa Moms ketahui dari buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' ini? Let's read on, Moms!

Panduan Konsumen 'Anti-Ribet'


Sesuai namanya, buku ini benar-benar menyajikan info penting tanpa ribet, karena menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Buku hasil kolaborasi Facebook dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ini membahas dua ranah besar: keamanan dan privasi di media sosial.

Di ranah keamanan, Moms bisa tahu cara mudah mengontrol akses ke akun medsos, mengenali phishing dan scam, mengembalikan akun yang dibajak, dan tips aman jitu dari Kominfo. Sedangkan di ranah privasi, Moms bisa mengetahui data pribadi apa saja yang harus dijaga, siapa yang bisa melihat profil dan postingan Anda, dan apa saja informasi Anda yang dikumpulkan media sosial. Benar enggak sih, Facebook suka 'nguping' atau 'kepoin' kegiatan Anda di medsos? Cari tahu jawabannya di buku ini, Moms!

No Tipu-tipu!

"Melalui buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' #NyamandiSosmed ini, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kami hendak mengajak orang-orang untuk memahami pentingnya menjaga keamanan dan memperkuat privasi ranah online dengan memanfaatkan fitur-fitur di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman online secara optimal," jelas Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia.

Maraknya kasus penipuan online dan pembajakan akun menjadi salah satu bahasan pokok yang diulas lengkap di buku ini. Tak hanya harus cekatan mencari diskon di online shop, Moms juga perlu jeli mengenali tipu-tipu di media sosial yang kerap merugikan banyak orang.

Di buku ini, Moms dapat menemukan tips untuk mengenali bentuk-bentuk penipuan online, hingga langkah-langkah mudah untuk melakukan pelaporan dan mengembalikan akun yang dibajak oleh pihak tak bertanggung jawab. Panduannya tak hanya untuk akun Facebook saja, lho, ada juga panduan lengkap untuk melindungi akun Instagram dan WhatsApp Anda.

Berinteraksi dengan Aman

"Facebook, Instagram, dan WhatsApp berkomitmen untuk menjaga komunitas tetap aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat saling terhubung, berinteraksi di online platform. Merupakan hal yang penting bagi Facebook untuk memastikan semua orang tetap #NyamandiSosmed kapan pun dan di mana pun," tambah Ruben.

Tujuan hadirnya buku ini bukan untuk menakuti Anda dengan penipuan online, phishing, dan scam lho, Moms. Buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' justru ingin memberikan pengalaman terbaik bagi Anda saat berinteraksi di media sosial, khususnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Untuk Anda yang masih sering bertanya "Kenapa yang muncul di Facebook dia lagi, dia lagi?" Jangan berburuk sangka dulu, karena ada banyak hal yang memengaruhi, seperti intensitas berinteraksi, jenis postingan yang sering Anda like dan komen, popularitas postingan teman, waktu posting, dan persamaan lain yang dimiliki. Mau tahu lebih banyak info dan tips seputar keamanan dan privasi di media sosial? Yuk, langsung saja download Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' #NyamandiSosmed di sini ya, Moms. Gratis! (Tiffany/SW/Dok. Freepik, Facebook Indonesia)