Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kiat Raditya Dika dan Ryan Delon Merawat Anabul saat Istri Hamil

Kiat Raditya Dika dan Ryan Delon Merawat Anabul saat Istri Hamil

Mungkin Moms pernah mendengar, bahwa hewan peliharaan bisa berbahaya bagi janin sehingga disarankan tidak dipelihara saat Anda tengah hamil. Berbagai penyakit seperti toksoplasmosis, salmonellosis, rabies, hingga flu burung disebut-sebut dapat ditularkan kepada ibu hamil oleh hewan peliharaan.

Kiat Raditya Dika dan Ryan Delon merawat hewan peliharaan saat istri tengah hamil

Padahal sebenarnya hal tersebut tak perlu dikhawatirkan berlebihan, asalkan hewan peliharaan dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya. Dua hal inilah yang menjadi pegangan bagi Raditya Dika dan Ryan Delon sebagai suami sekaligus pecinta hewan.

"Saya cukup sedih mendengar cerita kalau ada orang yang memelihara kucing, terus saat istrinya hamil, kucingnya dibuang atau ditelantarkan. Karena, sebenarnya dari sisi pribadi, kita harus tahu dulu penyakit apa yang membahayakan. Makanya, saya pasti konsultasi juga ke dokter kandungan dan dokter hewan," tutur Raditya Dika di acara peluncuran Royal Canin Club bertajuk #SayangiLebihLakukanLebih secara daring pada Jumat 6 Agustus lalu.

Sebagai pet parent, begitu panggilan umum yang disematkan pada pemilik hewan peliharaan, Raditya Dika telah lama menjadikan kucing sebagai kawan karib sejak sebelum menikah hingga sekarang. Menurutnya, yang terpenting adalah membekali diri dengan informasi yang benar.

"Ya karena saya punya keyakinan dan saya juga konsultasi kepada ahli, sehingga ketakutan-ketakutan itu bisa hilang dengan pengetahuan. Kadang-kadang kita takut dan parno sendiri karena baca dari banyak sumber tapi enggak tahu yang sebenarnya di balik itu ada apa, sih," terang Raditya.

Begitu pun dengan Ryan Delon. Ayah dari dua orang anak ini juga merupakan pet parent dari beberapa anjing dan kucing. "Setuju dengan Radit. Jadi dicari dulu sumbernya, dicari dulu pengetahuannya sebelum bertindak," kata Delon.

"Shareena waktu hamil Ry dan Sea bergabung kok, dengan anjing, main dengan anjing dan kucing, enggak ada masalah. Balik lagi, sumbernya kan kotoran dari luar. Enggak usah jauh-jauh, kalau manusia jorok juga bisa membawa kotoran dan virus. Jadi memang harus dibersihkan," timpal Delon.

Selain itu, Raditya Dika juga membagikan kiatnya memelihara kucing saat istrinya, Anissa Aziza, hamil. "Sebenarnya yang ditakutkan adalah tokso (toksoplasma) kan, kalau pada kucing. Tetapi selama kucingnya memakan makanan yang bagus, bukan dari alam liar, dan tidak jorok, dalam arti saat ia buang kotoran enggak sampai 1 x 24 jam dibersihkan, seharusnya enggak masalah. Karena penularannya kan dari kotoran dan dari hewan yang ia makan. Nah, selama itu kita ikuti insya Allah aman. Dalam dua kali momen kehamilan dan melahirkan, kita relatif tidak ada masalah," terang Raditya Dika.

"Makanya ke dokter hewan. Haha. Sekarang dokter hewan sudah punya test kit untuk cek toksoplasma pada kucing," timpal Novi Wulandari, dokter hewan dan corporate affairs manager PT. Royal Canin Indonesia.

Aplikasi Royal Canin Club

Bagi pecinta hewan, terutama anjing dan kucing, Royal Canin Indonesia meluncurkan aplikasi Royal Canin Club yang bisa diunduh di gawai Android maupun iOS. Pada aplikasi ini, Anda dapat berbelanja makanan kucing dan anjing, membaca informasi dan tips merawat hewan peliharaan sesuai jenis dan usia, mengetahui lokasi toko terdekat, serta mendapatkan berbagai promo eksklusif dan point rewards. Dengan tajuk #SayangiLebihLakukanLebih, aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pet parents merawat hewan peliharaannya, terutama selama pandemi ini. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Instagram @raditya_dika & @tail_wagging)