Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengenal Bakuchiol yang Punya Manfaat Bikin Kulit Awet Muda

Mengenal Bakuchiol yang Punya Manfaat Bikin Kulit Awet Muda
Man photo created by freepik - www.freepik.com

Moms yang selalu update soal skin care pasti sudah tak asing lagi dengan istilah "bakuchiol". Bahan baku yang satu ini memang sering muncul dalam produk perawatan wajah terkini. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan bakuchiol?

Perlu Moms tahu, bakuchiol merupakan ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Psoralea corylifolia atau babchi. Tumbuhan asli dari India ini dikenal dengan bunganya yang berwarna ungu dan kerap menjadi alternatif penggunaan retinol pada produk perawatan kulit wajah.

Sebagai catatan, retinol sudah cukup lama digunakan dalam produk perawatan kulit wajah. Retinol merupakan jenis retinoid yang dianggap mampu mencegah penuaan dini. Namun retinol dianggap terlalu keras dan berisiko membuat kulit menjadi kering.

Sementara itu, bakuchiol memiliki manfaat yang serupa dengan retinol. Hanya saja, bahan yang satu ini tidak menyebabkan eritema, iritasi, sensasi terbakar, atau rasa perih di wajah sehingga lebih aman digunakan. 

Saat ini sudah banyak beredar, produk skin care yang mengandung bakuchiol. Adanya kandungan antioksidan dan antimikroba di dalamnya membuat bakuchiol memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Membuat wajah terlihat awet muda

Seperti telah disebutkan di atas, salah satu manfaat bakuchiol yang membuatnya jadi incaran para wanita adalah kemampuannya membuat wajah tampak awet muda. Sebuah studi menunjukkan bahwa bakuchiol dapat mengurangi keriput dan garis halus pada kulit wajah. Selain itu, bakuchiol juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit wajah tetap kencang dan terlihat awet muda.

2. Memudarkan bintik hitam

Hadirnya bintik hitam di wajah bisa mengganggu penampilan. Bintik hitam atau hiperpigmentasi ditandai dengan munculnya bercak kulit yang berwarna lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika paparan sinar matahari memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen alami kulit.

Bakuchiol termasuk bahan yang dapat memudarkan bintik hitam pada wajah. Pasalnya, bakuchiol mengandung antioksidan dan kemampuan untuk menghambat proses produksi melanin. Meski telah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bakuchiol, Anda tetap perlu mengoleskan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan ya, Moms.

3. Merawat kulit berjerawat

Jerawat tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bisa menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman di kulit. Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat di kulit wajah, salah satunya adalah dengan menggunakan produk skin care yang mengandung bakuchiol. Sebuah studi menunjukkan bahwa bakuchiol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi jerawat ringan hingga sedang.

4. Memperkuat lapisan terluar kulit

Lapisan terluar kulit (skin barrier) memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari paparan berbagai jenis racun, seperti debu dan polusi udara, sekaligus menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Jika lapisan tersebut rusak, kulit bisa kering, gatal, dan rentan mengalami peradangan.

Penggunaan produk yang mengandung bakuchiol bisa memperkuat lapisan terluar kulit. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara bakuchiol, melatonin, dan ascorbyl tetraisopalmitate mampu meningkatkan fungsi lapisan terluar kulit dan menghidrasi kulit.

Pertanyaan yang tak kalah penting, apakah produk perawatan wajah yang mengandung bakuchiol bisa digunakan oleh siapa saja? Jawabannya, ya! Bakuchiol cukup aman digunakan oleh pemilik kulit berminyak, normal, bahkan kulit sensitif. Selain itu, bakuchiol juga cenderung lebih aman bagi ibu hamil ketimbang retinol.

Namun bagi Anda yang memiliki masalah kulit yang parah, sangat disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dalam memilih produk skin care. Begitu pula dengan ibu hamil, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui kondisi kandungan Anda sebelum menggunakan produk perawatan kulit. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)