Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Langkah untuk Meminta Maaf pada Pasangan dengan Benar

6 Langkah untuk Meminta Maaf pada Pasangan dengan Benar

Saat menikah, Moms dan Dads tentu melewati banyak hal. Ada saat di mana Anda berdua melewati hari-hari yang penuh dengan kebahagiaan, namun ada kalanya Anda berdua harus menghadapi hari-hari yang kelabu, entah karena pertengkaran atau hal lain yang mungkin membuat Anda berdua saling memendam emosi dan menyimpan kekesalan.

Pada akhirnya, pernikahan adalah tentang bagaimana Anda bisa memahami, menyesuaikan, berkomunikasi, dan berkorban untuk pasangan Anda. Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar dalam sebuah pernikahan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda dan pasangan bisa mengidentifikasi kesalahan yang telah dilakukan dan meminta maaf dengan benar pada pasangan tanpa harus merasa sungkan.

Masih bingung bagaimana meminta maaf dengan cara yang tepat pada pasangan Anda? Coba lakukan langkah-langkah berikut ini, Moms!

1. Minta izin untuk meminta maaf

Moms tidak bisa hanya berasumsi bahwa pasangan siap untuk permintaan maaf Anda. Dads mungkin akan menghargai jika Anda memberikannya waktu. Kadang-kadang, izin untuk meminta maaf datang begitu saja atau setelah ia punya kesempatan untuk menenangkan diri. Maka kapan pun pasangan Anda siap, beri tahu ia secara detail untuk apa Moms perlu meminta maaf.

2. Biarkan pasangan tahu bahwa Anda sadar telah menyakiti dirinya

Beri tahu Dads betapa Anda menyesali apa yang telah Anda lakukan, Anda tahu perbuatan Anda salah dan menghargai perasaannya. Nyatakan bahwa Anda berharap dapat memutar kembali waktu dan mengubah apa yang Anda katakan atau lakukan terhadap dirinya.

3. Beri tahu pasangan Anda bagaimana cara Anda memperbaiki situasi

Meskipun kesalahan tak selalu bisa diperbaiki, tapi bila Anda memiliki niat untuk melakukannya, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Jadi, jika memungkinkan, lakukan semua yang Moms bisa untuk memperbaiki kesalahan Anda. Jika tidak, biarkan Dads melihat bagaimana Anda berusaha memperbaiki situasi.

4. Beri tahu pasangan Anda bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan tersebut lagi

Rasanya tidak cukup ya, bila sekadar meminta maaf saja. Untuk itu, Moms perlu memberi tahu Dads dan berjanji bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama ke depannya. Bila tidak, berarti yang Anda lakukan sebenarnya bukanlah meminta maaf, tetapi hanya memberi alasan.

5. Minta pasangan Anda untuk memaafkan Anda

Setelah Moms membicarakan banyak hal, cobalah untuk meminta Dads buat memaafkan Anda. Namun, sebaiknya Moms tidak langsung berasumsi bahwa hanya karena Anda meminta maaf pada Dads, maka ia secara otomatis akan langsung memaafkan Anda.

6. Gunakan catatan dengan tulisan tangan Anda

Setelah melakukan hal-hal di atas, selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan catatan dengan tulisan tangan Anda sebagai pengingat tentang penyesalan Anda dan janji untuk tidak mengulanginya lagi. Ini juga bisa membantu Anda buat menepati janji dan tidak mengulangi kesalahan karena sudah tertulis di atas kertas. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Katemangostar/Freepik)