Type Keyword(s) to Search

Moms, Terapkan Tips Berikut Ini Demi Sukses Menyusui

Moms, Terapkan Tips Berikut Ini Demi Sukses Menyusui

Moms, tentunya sudah tahu mengapa air susu ibu atau ASI merupakan pilihan terbaik untuk bayi. Ya, ASI merupakan makanan ideal untuk bayi karena mengandung semua nutrisi yang diperlukan Si Kecil.

ASI lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan Si Kecil sehingga gizinya bisa didapatkan secara maksimal. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang membantu melindungi Si Kecil dari berbagai penyakit. Oleh sebab itu, penting bagi Moms untuk selalu berusaha mengASIhi bayi Anda secara optimal di mana pun, kapan pun, dan dalam keadaan apa pun.  

Namun memberikan ASI bagi Si Kecil bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian ibu. Agar Moms sukses mengASIhi, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Anda terlebih dulu harus yakin bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi
  • Mengetahui teknik pelekatan yang benar agar proses menyusui bisa maksimal
  • Meningkatkan frekuensi menyusui sebagai salah satu cara meningkatkan produksi ASI
  • Memastikan kecukupan gizi dan cairan busui
  • Memompa ASI saat Moms tidak dapat menyusui secara langsung.

Menyusui bayi secara langsung tentunya merupakan cara terbaik dalam pemberian ASI. Selain proses pemberian ASI bisa lebih maksimal, direct breastfeeding merupakan salah satu cara untuk memperkuat bonding antara ibu dan anak.

Lantas bagaimana dengan Moms yang aktif atau harus bekerja di luar rumah? Jangan khawatir, Moms tetap bisa memberikan ASI bagi buah hati Anda dengan cara diperah terlebih dahulu. ASIP atau ASI perah tentunya tetap merupakan asupan gizi terbaik bagi bayi.

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pemberian ASIP bisa berjalan dengan lancar. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur jadwal pumping saat berada di luar rumah. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah dibuka saat melakukan kegiatan pumping.

Perhatikan juga tempat untuk pumping. Pilih area yang tertutup, bersih, dan nyaman karena memompa ASI memerlukan ketenangan. Pompalah ASI hingga payudara terasa kosong. Pastikan pompa ASI yang akan digunakan dalam kondisi steril. Last but not least, tetap jaga asupan nutrisi dan cairan Anda ya Moms.

Jangan asal pilih pompa ASI

Nah, untuk mempermudah Moms mempersiapkan ASIP untuk Si Kecil, Anda bisa menggunakan breast pump atau pompa ASI. Tapi jangan asal pilih breast pump, ya. Sangat disarankan bagi Moms untuk memilih breast pump yang ringkas dan mudah digunakan sehingga memperlancar proses memompa ASI.

Anda bisa memilih Pigeon GoMini Electric Breastpump. Pompa ASI elektrik yang satu ini memiliki desain yang menarik, ringkas, ringan, mudah digenggam, dan bisa masuk ke dalam tas bepergian Anda, Moms.


Selain itu, Pigeon GoMini Electric Breastpump juga mudah digunakan. Isapan pompanya lembut dan memiliki 2 model pengisapan, yaitu Massage (1 level) dan Pemerahan (5 level).

Satu hal yang tidak kalah penting, Pigeon GoMini Electric Breastpump bisa digunakan saat Moms berada di tempat umum atau area yang tidak memiliki colokan listrik. Pasalnya, pompa ASI ini juga bisa dioperasikan menggunakan sumber daya lain, seperti power bank. Praktis, kan?

Jadi jangan ragu untuk memilih Pigeon GoMini Electric Breastpump untuk membantu Moms mengASIhi Si Kecil. Pigeon GoMini Electric Breastpump tersedia dalam double pump dan single pump, serta aksesoris kit yang dijual terpisah. Dapatkan Pigeon GoMini Electric Breastpump di e-commerce kesayangan Anda. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Pigeon)


Read Next

More Frombaby