Type Keyword(s) to Search

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut, Anti Kempes, Anti Gagal!

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut, Anti Kempes, Anti Gagal!

Begitu banyak variasi donat bermunculan, namun donat klasik dengan taburan gula halus tentu selalu di hati. Rasanya sederhana dan khas rumahan, teksturnya empuk dan pulen, dengan rasa manis klasik dari taburan gula halus di atasnya. Tambahan kentang yang dihaluskan dalam adonannya pun akan membuat donat terasa lebih lembut, gurih, dan nikmat. Hmm, jadi lapar ya, Moms!

Tenang, Moms bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Bahan-bahannya mudah didapat, dan caranya sangat mudah. Resep donat kentang ala Masterchef Devina Hermawan ini juga tak perlu diulen lama-kurang dari 5 menit! Yuk, kita coba!

Bahan-bahan (untuk 10 buah):

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr kentang halus
  • 35 gr gula pasir
  • 100 ml air/susu
  • 6 gr ragi
  • 30 gr margarin cair (atau unsalted butter + garam)
  • 1 butir kuning telur
  • ¼ sdt baking powder
  • 200 gr gula halus untuk taburan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, ragi, gula, baking powder, dan susu bubuk. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan, aduk terus dengan sumpit hingga adonan mirip gumpalan pasir.

3. Campurkan kuning telur, air, dan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata.

4. Campurkan bahan cair dan bahan kering, aduk hingga tercampur rata. Simpan dalam wadah lalu tutupi dengan cling wrap diamkan selama 30-60 menit.

5. Olesi talenan dan kedua tangan dengan minyak agar tak lengket. Uleni adonan kira-kira 3 menit hingga menyatu, elastis, dan lembut permukaannya. Diamkan lagi sekitar 5 menit.

Jangan menambahkan terigu jika adonan terasa lengket karena akan membuat tekstur donat keras nantinya. Lebih baik diamkan kembali sekitar 5-15 menit agar lebih mudah kalis saat diuleni.

6. Olesi talenan dan rolling pin dengan sedikit minyak. Giling adonan hingga pipih dan memiliki ketebalan yang sama, lalu cetak.

Agar bentuk donat terlihat bulat cantik, cetak adonan dengan cetakan khusus donat dan adonan harus dalam keadaan “rileks” (tidak tertarik ke salah satu sisi)

7. Diamkan donat selama 20 menit atau sampai mengembang.

8. Panaskan minyak, gunakan api kecil lalu goreng donat hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

10. Gulingkan donat yang sudah dingin ke gula halus.

Donat Kentang empuk siap disantap oleh Anda dan keluarga! Ditemani teh hangat pasti akan terasa lebih nikmat, Moms. Selamat mencoba! (Nanda Djohan/SW/Foto: Lifeforstock/Freepik, Resep diadaptasi dari resep donat kentang milik Devina Hermawan)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle