Type Keyword(s) to Search

Hati-hati Ketipu, Perhatikan Ini saat Memilih Asuransi Kesehatan

Hati-hati Ketipu, Perhatikan Ini saat Memilih Asuransi Kesehatan

Baru-baru ini industri asuransi kembali dihebohkan dengan adanya pernyataan dari seorang public figure yang merasa ditipu sebagai nasabah sebuah asuransi kesehatan. Hal ini terjadi setelah asuransi yang ia gunakan hanya memberikan pertanggungan dengan nilai kecil, jauh dari total perkiraan biayanya. Ia pun merasa kecewa dengan asuransi kesehatan tersebut.

Ya, kesehatan memang merupakan hal berharga. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit, dibutuhkan perlindungan ekstra agar Anda dan keluarga tetap dapat menikmati hidup yang tenang dan nyaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan penting untuk dimiliki, tujuannya agar Anda terlindung dari risiko masalah keuangan akibat hal tak terduga saat mengalami sakit, kecelakaan, ataupun meninggal dunia. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa lebih tenang lantaran punya perlindungan. Tahu sendiri kan Moms, biaya berobat sekarang tidaklah murah.

Namun, memilih asuransi yang tepat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, agar Anda tidak mengalami nasib seperti cerita di atas. Nah, jika Anda berniat untuk memiliki asuransi kesehatan, simak tips memilih asuransi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini, Moms.

1. Pahami Kebutuhan Anda dan Keluarga

Mengutip Zurich.co.id, tips memilih asuransi kesehatan yang pertama adalah dengan memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menemukan pilihan produk asuransi. Dengan memahami kebutuhan asuransi yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari produk asuransi kesehatan tersebut.

2. Menggali informasi

Melansir Qmfinancial.com, sebelum menentukan perusahaan asuransi yang cocok bagi Anda dan keluarga, Anda perlu mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai asuransi yang ada di Indonesia. Anda juga bisa bertanya kepada kerabat atau saudara yang sudah ikut asuransi mengenai kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan yang mereka miliki.

3. Buat perbandingan

Dengan banyaknya perusahaan yang menyediakan produk asuransi kesehatan, tentu saja Anda punya beragam pilihan untuk dipertimbangkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuat daftar perbandingan antara produk asuransi kesehatan yang satu dan yang lainnya.

Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain, seperti kualitas pelayanan pada saat menangani proses klaim, perusahaan asuransi tersebut memiliki kerjasama dengan rumah sakit dengan jaringan luas di seluruh Indonesia atau tidak, sistem penggantian klaim, cashless atau reimbursement. Dalam sistem penggantian, biasanya sistem cashless lebih praktis karena Anda tidak perlu mempersiapkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan.

4. Bertemu dengan agen asuransi

Setelah mengumpulkan beberapa perusahaan asuransi, saatnya Anda bertemu dengan agen asuransi tersebut. Gali informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda tidak hilang arah mengenai asuransi tersebut. Siapkan diri dengan banyak pertanyaan, mulai dari daftar penyakit apa yang bisa di-cover, harga layanan kamar inap, harga rawat jalan, hingga berapa uang yang akan diterima ahli waris jika pemilik asuransi tersebut meninggal dunia.

5. Seleksi

Proses seleksi harus Anda lakukan setelah mengetahui informasi beberapa perusahaan asuransi yang ada dalam list Anda. Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Premi yang dibayarnya setiap tahun, semester atau tiap bulan harus sesuai dengan fasilitas yang Anda dapatkan. Pilih juga premi yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Pilih perusahaan asuransi yang masa tunggunya singkat, sehingga Anda tidak terlalu lama menunggu untuk menggunakan asuransi tersebut.
  • Pelajari klausul yang diberikan oleh agen asuransi, baca secara terperinci agar Anda benar-benar mengerti asuransi yang Anda ambils saat itu.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih produk asuransi kesehatan. Dengan mengikuti tips tersebut, Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga serta terhindar dari masalah seperti di atas, Moms. (M&B/SW/Foto: rawpixel.com/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle