Type Keyword(s) to Search

7 Obat Alami untuk Mengurangi Nyeri Haid dan Kram Perut

7 Obat Alami untuk Mengurangi Nyeri Haid dan Kram Perut

Setiap haid atau si tamu bulanan datang, nyeri di area perut sering ikut menyerang ya, Moms. Siapa bilang hanya remaja putri yang sering sakit perut saat haid tiba? Nyeri dan kram perut ini juga bisa dialami semua wanita yang sedang haid, lho.

Sangat wajar jika Moms merasakan nyeri saat haid atau menstruasi, terutama di hari pertama. Umumnya nyeri ini juga bisa menjalar ke area punggung dan paha, sedangkan seluruh area tubuh juga bisa terasa pegal karena menahan nyeri ini. Asalkan nyerinya tidak sampai membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas lain dan tidak selalu terjadi setiap bulannya, nyeri haid adalah hal yang umum terjadi.

Menurut Healthline, saat haid, otot-otot di sekitar rahim menegang dan mengendur untuk mengikis dinding rahim yang menebal dan tidak dibuahi. Ketika Anda merasakan kram atau nyeri di sekitar perut (khususnya perut bagian bawah), itu artinya otot-otot rahim Anda sedang aktif bekerja. Selain nyeri, ada juga yang merasa mual, pusing, dan diare ketika sedang haid.

Jika nyeri atau kram perut saat haid ini sudah mengganggu, Moms bisa mencoba beberapa obat alami yang efektif meredakan nyeri haid. Selain meredakan nyeri dengan aman, obat-obat alami ini juga membantu mengembalikan mood yang sering berantakan saat haid, lho. Yuk, ketahui apa saja obat alami pereda nyeri haid!

1. Chamomile tea

Saat sedang sakit perut memang paling enak minum secangkir teh hangat ya, Moms. Mengutip Healthline, studi pada tahun 2012 menyebutkan chamomile tea mampu meningkatkan glycine, suatu asam amino atau bahan penyusun protein yang membantu menenangkan otot kejang. Glycine juga berfungsi sebagai relaksan atau penenang, baik penenang nyeri maupun penenang kegalauan saat haid.

Moms disarankan mengonsumsi 1-2 teh chamomile per hari sejak seminggu sebelum haid pertama tiba. Makin rutin dikonsumsi, makin baik pula hasilnya.

2. Kayu manis

Selain aromanya yang menenangkan, ternyata kayu manis juga membantu meredakan nyeri haid. Menurut studi pada tahun 2015, disebutkan bahwa para wanita yang minum kapsul kayu manis mengalami pengurangan nyeri, mual, muntah saat haid, dibandingkan dengan grup wanita yang mengonsumsi plasebo. Untuk itu disarankan mengonsumsi kapsul kayu manis bubuk 840 mg sebanyak 3 kali sehari di 3 hari pertama Anda haid.

Terlalu sulit mencari kapsul kayu manis seperti yang disebutkan pada studi di atas? Coba buatlah minuman hangat dengan bahan dasar kayu manis saja, Moms. Anda bisa mencoba merebus air dengan sebatang kayu manis, kemudian nikmati saat masih hangat ditambah dengan sedikit madu dan perasa lemon.

3. Jahe

Bagi yang sering nyeri dan mual di awal haid, jahe bisa menjadi obat alami yang ampuh. Mengutip Healthline, sebuah studi menguak fakta bahwa bubuk jahe 250 mg bisa meredakan nyeri haid jika diminum 4 kali sehari selama 3 hari. Studi ini bahkan menyebutkan jahe memiliki kekuatan pereda nyeri yang sama dengan ibuprofen.

Untuk itu, coba parut sedikit jahe, masukkan ke dalam air panas, dan minum sebanyak 2-3 gelas per hari untuk mengurangi nyeri haid. Moms juga bisa membuat minuman hangat lainnya dengan bahan dasar jahe, seperti bandrek atau susu jahe merah.

4. Air

Saran yang sangat klasik, namun selalu efektif. Ya, penuhi kebutuhan cairan harian Anda, karena selain mencegah dehidrasi, banyak minum air mineral juga baik untuk mencegah nyeri haid. Saat kram sudah terjadi, Moms disarankan minum air hangat atau agak panas, karena ini bisa meningkatkan aliran darah ke area kulit sehingga kram otot saat haid pun mereda.

Agar minum air putih semakin menyenangkan, tak ada salahnya menambahkan daun mint, potongan mentimun, aneka buah beri, atau semangka ke dalam air putih Anda agar aromanya lebih segar.

5. Almond

Tak hanya enak, beberapa jenis makanan tinggi kalsium (seperti kacang almond, flaxseed, biji wijen) juga membantu mengurangi nyeri perut saat haid. Moms juga bisa mengonsumsi aneka sayuran hijau untuk meredakan kram perut akibat menstruasi. Lebih suka memenuhi kebutuhan kalsium dalam bentuk suplemen? Ini tentu lebih baik daripada tidak sama sekali ya, Moms.

6. Pisang

Buah ini kaya akan boron, suatu mineral yang membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium dan fosfor, dua nutrisi penting pereda nyeri haid. Menurut studi pada tahun 2015, boron bahkan ampuh untuk mengurangi tingkat nyeri dan lama terjadinya nyeri saat haid.

7. Alpukat

Sama seperti pisang, alpukat juga kaya akan boron yang efektif mengurangi nyeri haid. Jika makanan Anda sehari-hari kurang kandungan boron, Moms bisa meminta saran suplementasi boron dari dokter. Boron juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan tulang Anda lho, Moms.

Hindari makanan ini

Ada makanan yang ampuh meredakan nyeri perut saat haid, ada pula yang justru memperburuk nyeri. Mengutip Insider, hindari beberapa makanan ini saat sedang nyeri haid ya, Moms.

  • Yoghurt
  • Keju
  • Ayam goreng
  • Kentang goreng
  • Keripik kentang
  • Roti putih
  • Alkohol
  • Minum karbonasi
  • Kafein
  • Makanan tinggi garam
  • Makanan tinggi lemak

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle