Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Jitu untuk Bantu Anda Memaknai Hidup dengan Lebih Baik

Tips Jitu untuk Bantu Anda Memaknai Hidup dengan Lebih Baik

Dalam keseharian, berbagai tantangan yang dihadapi, perubahan, atau bahkan rutinitas yang monoton, bisa memengaruhi perasaan atau mood Anda. Tak jarang, berbagai hal tersebut menimbulkan reaksi negatif yang mengurangi kualitas hidup Anda.

Jika dibiarkan, kondisi semacam ini berisiko memicu stres. Pada akhirnya, berbagai hal negatif yang berkecamuk dalam pikiran serta perasaan dalam diri seseorang akan membuat ia merasa hidupnya menjadi tidak berarti.

Efeknya bisa berupa depresi atau menurunnya sistem imun tubuh yang tentu saja bisa berakibat fatal, terutama pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Oleh sebab itu, Anda perlu memaknai hidup secara tepat demi kualitas hidup yang lebih baik. Caranya?

Konsep Ikigai

“Di Jepang ada konsep tentang hidup bermakna yang disebut ‘Ikigai’, yaitu sebuah konsep tentang alasan keberadaan kita. Konsep inilah yang bisa membantu Anda untuk mencari dan menentukan alasan untuk menjalani hidup,” ungkap psikolog Jovita Ferliana, M.Psi, dalam kegiatan diskusi virtual “Jalani Hidup Terbaikmu bersama Kesegaran Alami Greenfields”. Menurut Jovita, ada 4 unsur yang mewakili kehidupan kita dalam konsep Ikigai, yaitu:

  • What you love
  • What you are good at
  • What you can be paid of
  • What the world needs.

Keempat unsur tersebut akan saling bersinggungan dalam kehidupan. “Apabila kita bisa merasakan keempatnya, maka bisa dibilang kita telah berhasil memaknai kehidupan,” kata Jovita.

“Di sisi lain, sering kali kehidupan tidak seindah yang dibayangkan. Jadi sangat memungkinkan dari keempat unsur tersebut, tidak semuanya bisa Anda miliki. Mungkin saja Anda saat ini baru menemukan satu irisan dari keempat unsur tersebut. Namun apa pun itu, yang terpenting adalah Anda bisa menikmati dan melakukannya dengan senang hati. Bagaimanapun juga, konsep Ikigai merupakan proses yang terjadi sepanjang kehidupan,” jelas psikolog anak, remaja, dan keluarga tersebut.

Jiwa sehat dari tubuh yang sehat

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada sejumlah unsur dalam menemukan makna dari hidup. Untuk membantu memaknai hidup dengan lebih baik, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Menjalani kehidupan yang membuat Anda bahagia.

2. Berusaha menunjukkan potensi terbaik.

3. Memilih jalan hidup dan menjalaninya sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Melakukan hal terbaik untuk orang-orang terkasih.

5. Mengisi body, mind, dan soul, yaitu:

  • Body: memberikan nutrisi terbaik bagi diri Anda dan keluarga
  • Mind: keterampilan untuk berpikir positif, edukasi diri, dan anggota keluarga
  • Soul: bersyukur, relaksasi, mindful.

Dengan kata lain, pikiran yang sehat juga harus diimbangi dengan tubuh yang sehat. “Kita tidak boleh melupakan bahwa jiwa yang sehat hanya terdapat pada tubuh yang sehat – men sana in corpore sano,” kata ahli nutrisi, Emilia Achmadi, MS., RDN. 

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, penting bagi Anda untuk menjaga asupan nutrisi dan pola makan seimbang, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu. 

Pasalnya, susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein guna membangun otot, dan vitamin yang mampu memaksimalkan perkembangan kognitif serta memperkuat daya tahan tubuh.

“Namun satu hal yang perlu diingat, kita perlu bijak dalam memilih susu. Biasakan untuk mengecek label kandungan produk susu sebelum membelinya,” demikian saran dari Emilia.

Salah satu produk susu yang bisa Anda pilih adalah Greenfield yang diolah dengan cara terbaik guna mempertahankan kualitas serta kesegarannya. Dengan packaging barunya, Greenfield bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat agar bisa #JalaniHidupTerbaikmu. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Benzoix/Freepik, Greenfield)