Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sering Terkena Asam Lambung? 10 Bahan Alami ini Bisa Mengatasinya

Sering Terkena Asam Lambung? 10 Bahan Alami ini Bisa Mengatasinya

Penyakit asam lambung merupakan gangguan umum yang dialami banyak orang, baik dewasa maupun anak-anak. Asam lambung yang naik bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Gangguan ini ditandai dengan munculnya sejumlah gejala, seperti mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan nyeri di ulu hati.

Asam lambung yang naik bisa disebabkan karena telat makan; mengonsumsi makanan yang asam, pedas, atau berlemak; stres; hingga kelelahan. Jika Moms penderita asam lambung, Anda tentu akan merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Umumnya para penderita asam lambung akan mengonsumsi obat untuk meredakan gangguan ini.

Namun, Moms juga bisa lho, mengonsumsi bahan alami untuk meredakan asam lambung yang naik. Dibandingkan dengan obat-obatan, bahan-bahan alami tentunya lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk meredakan gangguan asam lambung Anda.

1. Air lemon

Melansir Healthline, air perasan lemon memiliki sifat basa sehingga mampu membantu menetralisir dan meredakan asam lambung. Moms bisa larutkan 1 sendok makan air lemon ke dalam segelas air hangat dan minumlah sebelum makan.

Meskipun begitu, Anda perlu hati-hati karena air lemon bisa mengikis permukaan enamel gigi dan membuat gigi jadi rapuh. Karena itu, untuk melindungi gigi Anda, berkumurlah dengan air putih setelahnya setiap kali Anda mengonsumsi air lemon ya, Moms.

2. Jahe merah

Jahe merah merupakan varian jahe yang paling unggul di antara jahe lainnya dengan rasa pedas lebih kuat dibandingkan jahe biasa. Jahe merah mampu menjaga kadar asam dalam lambung serta mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Selain itu, jahe merah juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada pencernaan, termasuk infeksi dan luka yang terjadi di lambung.

3. Adas

Adas juga menjadi salah satu tanaman herbal yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti perut kembung dan asam lambung, serta melancarkan pencernaan Anda. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa rebus setengah sendok teh biji adas dengan segelas air, setelah itu Anda minum airnya.

4. Kayu manis

Kayu manis juga bermanfaat untuk menangani gastritis atau peradangan pada lambung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar asam lambung dan pepsin dalam usus, sehingga membantu aliran darah di dinding perut, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan lambung dan usus. Anda bisa menyeduh kayu manis, baik batang maupun bubuk, ke dalam segelas air hangat dan meminumnya saat merasa kembung.

5. Air kelapa

Air kelapa juga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pasalnya, air kelapa mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh, mengontrol kadar asam lambung, mengurangi risiko refluks lambung, dan melindungi perut dari efek berbahaya akibat produksi asam berlebih.

6. Pepaya

Buah ini terkenal kaya serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun, tak hanya itu, pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi asam lambung. Pepaya mengandung enzim papain yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn).

7. Lidah buaya

Salah satu manfaat lidah buaya adalah meredakan asam lambung. Lidah buaya bisa membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus serta meningkatkan kadar air dalam usus yang bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

8. Mentimun

Mentimun kerap dijadikan sebagai lalapan atau acar. Buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan beragam vitamin di dalamnya, salah satunya untuk meredakan asam lambung. Mentimun ampuh untuk mengatasi naiknya asam lambung karena kandungan alkalinitas di dalamnya serta sifat mendinginkan yang dimilikinya.

9. Madu

Madu punya segudang khasiat untuk kesehatan, dan salah satunya adalah meredakan asam lambung. Madu meringankan gejala refluks asam lambung dengan cara mencegah peradangan dan melapisi selaput lendir kerongkongan. Alhasil, madu akan mengurangi sensasi rasa terbakar yang biasa dirasakan saat asam lambung naik.

10. Teh chamomile

Tak hanya terkenal sebagai minuman yang bersifat menenangkan, mengurangi kecemasan, dan membantu mengatasi gangguan tidur, teh chamomile ternyata juga mampu meredakan gejala asam lambung dan mengurangi rasa kembung di perut. Teh herbal ini juga punya efek antiinflamasi yang bisa meredakan nyeri akibat asam lambung. (M&B/SW/Foto: Jcomp/Freepik)