Type Keyword(s) to Search

7 Ide Aktivitas Seru dan Enggak Kaku bersama Anak Praremaja

7 Ide Aktivitas Seru dan Enggak Kaku bersama Anak Praremaja

Waktu masih kecil, tak sedetik pun anak mau ditinggal orang tuanya. Namun, sejak memasuki masa praremaja, terkadang sulit sekali untuk mengajak anak beraktivitas bersama. Bahkan hal-hal seru yang dulu menjadi kegiatan favorit Anda dan Si Kecil, kini sudah tidak lagi menarik baginya.

Kikuk! Itulah yang dirasakan orang tua ketika mencoba mengajak anak pergi berdua dan mengobrol santai. Kalau salah strategi, sering kali yang terjadi bukannya meningkatkan bonding setelah pergi berdua, tapi malah berujung marah-marah ke anak karena sikapnya tidak menyenangkan.

Masa praremaja dan remaja memang masa yang sulit bagi anak, mereka pun tidak mengerti dengan perubahan yang terjadi pada diri mereka. Untuk itu Moms perlu menjaga bonding dengan anak praremaja dengan mencoba melakukan aktivitas-aktivitas seru yang "ABG banget"! Bingung mencari aktivitas yang tetap edukatif, seru, antikikuk, dan pastinya efektif meningkatkan bonding orang tua dan anak? Coba aktivitas ini, yuk!

1. Berburu konten medsos

Remaja dan konten media sosial bagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan! Untuk bisa lebih mengenali dunia mereka di medsos, tak ada salahnya untuk mengajak anak beraktivitas seru sambil berburu konten. Tentu saja Moms juga perlu mengingatkan anak mengenai aturan aman bermedia sosial, ya. Ingatkan the dos and don'ts, tanpa harus terlalu menggurui apalagi memarahi.

Akun TikTok Indra Brasco dan Nala bisa menjadi contoh seru aktivitas ayah dan anak praremaja. Di akun ini Moms bisa lihat Indra Brasco cuek dan asyik joget TikTok bersama putrinya, kompak banget! Orang tua tetap bisa mengawasi konten yang dibuat anak, dan juga meningkatkan bonding dengan menyelami aktivitasnya. Seru dan pasti menghibur anak.

2. Movie marathon

Jika Moms dan Dads sudah pernah movie marathon bersama anak tapi merasa gagal, coba lihat lagi film yang dinikmati dan suasana pendukungnya. Untuk bisa seru-seruan dengan anak praremaja, tentu jangan ajak ia menonton film jadul ketika Anda muda, ya.

Pilih film yang ngetop di kalangan remaja (pastikan sesuai dengan usia anak), kemudian ajak ia menciptakan suasana bioskop rumahan yang instagramable. Sulap ruang TV Anda menjadi bioskop yang unik, atau bisa juga buat layar tancap di taman menggunakan proyektor. Jangan lupa camilan enak ya, Moms!

3. Road trip

Jika mengajak anak ke mal sudah terlalu biasa, coba ajak ia road trip ke luar kota. Ajak juga ia mempersiapkan detail perjalanan, mulai dari persiapan kendaraan, tujuan wisata, tempat menginap, hingga ke persiapan cara menyapa orang dengan bahasa setempat. Begitu banyak kenangan indah dan bahasan menarik yang bisa Anda lakukan bersama anak di perjalanan ini.

Agar road trip makin berkesan, biarkan anak menjadi kapten di perjalanan kali ini, sedangkan anggota keluarga lainnya hanya penumpang. Jika anak punya hobi, seperti bermain sepatu roda atau fotografi, biarkan ia menikmati hobinya sejenak di area baru yang tak sengaja ditemui di perjalanan.

4. Bowling

Mungkin ini olahraga yang seru dan sederhana untuk dimainkan oleh pemula. Anda bisa bergabung menjadi satu tim dengan anak, sambil menantang tim lain mencetak skor. Selain seru, permainan team building seperti ini membuat anak tahu kalau orang tuanya selalu ada di tim yang sama dengannya, apa pun yang terjadi.

Bowling juga menjadi ide family playdate yang seru. Anda bisa mengajak teman atau orang tua lain yang punya anak sepantaran, kemudian tantang mereka mengumpulkan skor terbanyak. Mengatur strategi mencetak strike sambil meningkatkan bonding? Count me in!

5. Pesta kostum

Dinner with style! Sesekali menikmati makan malam sambil pesta kostum? Seru banget. Moms dan Dads bisa meminta anak untuk memilih tema pesta, kemudian cobalah adakan pesta kostum bersama keluarga tersayang. Jika pandemi sudah selesai, mengajak beberapa sahabat anak atau sepupu seumuran juga bisa menambah keceriaan pesta. Pastikan ada musik dan games seru juga, ya!

Biarkan anak menjadi MC yang memimpin acara seru ini. Ssst... Cara ini juga bisa melatih anak percaya diri untuk tampil di depan banyak orang, lho. Bonus tambahan: it’s fun to be young again, right?

6. Bikin film

Bagi orang tua yang punya anak praremaja kreatif, yuk coba kembangkan jiwa seninya dengan mengajaknya membuat film. Tidak perlu pakai peralatan kelas Hollywood, pakai smartphone dan aplikasi HP atau laptop saja juga bisa, kok!

Ajak anak meeting untuk membuat konsep, storyboard, perencanaan syuting, hingga casting pemain. Proyek ini mungkin memakan banyak waktu dan tenaga, tapi tentu hasilnya sebanding dengan tujuannya: meningkatkan kreativitas anak sambil mencetak kenangan indah yang mengakrabkan hubungan orang tua dan anak.

7. Garage sale

Aktivitas sosial bisa menjadi hal yang sangat menantang bagi anak praremaja. Untuk itu ajak ia memilah barang yang sudah terpakai di rumah, kemudian buat garage sale. Jika garage sale di depan rumah sendiri kurang menantang, minta anak untuk mengajak teman-teman atau tetangga membuat garage sale bersama di lapangan sekolah atau area kompleks rumah. Hasilnya bisa Moms arahkan untuk disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan atau ditabung untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

Aktif bersama anak dengan cara seru seperti ini dijamin mampu mempererat hubungan Anda dan anak, khususnya anak praremaja yang sedang berada di fase pemilih. Jika ada sikap anak yang terkadang ajaib, hadapi dengan kepala dingin dan bicaralah baik-baik saat emosi sudah reda. Masa praremaja hanya sekali, isi masa ini dengan momen keren bersama Anda ya, Moms dan Dads! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Jcomp/Freepik)