Type Keyword(s) to Search

9 Cara Ampuh Cerahkan Ketiak yang Menghitam, Bisa Pakai Bahan Alami!

9 Cara Ampuh Cerahkan Ketiak yang Menghitam, Bisa Pakai Bahan Alami!

Warna ketiak yang menghitam bisa disebabkan karena berbagai hal. Bagi sebagian orang, memiliki ketiak yang gelap dapat menurunkan rasa percaya diri. Sehingga, meskipun bukan kondisi yang berbahaya, tetapi banyak orang yang mencoba melakukan berbagai cara untuk mencerahkan ketiak yang menghitam.

Penyebab ketiak menghitam

Berbagai hal bisa menjadi penyebab ketiak menghitam, mulai dari iritasi karena penggunaan deodoran atau antiperspirant, mencukur, kurangnya pengelupasan sel kulit mati, hingga infeksi bakteri. Plus, jika Anda memiliki kulit ekstra sensitif, kemungkinan lebih besar Anda mengalami penggelapan ketiak. Menurut dokter kulit bersertifikat, Dr. Marisa Garshick, orang dengan kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi dapat mengalami hiperpigmentasi pascainflamasi yang bisa menyebabkan kulit menggelap, termasuk pada area ketiak.

Dr. Garshick menambahkan 5 kemungkinan lain penyebab ketiak menghitam, antara lain:

  • Genetika. Bagi sebagian orang, ketiak yang menggelap juga bisa disebabkan karena faktor genetik.
  • Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) dan diabetes. Resistensi insulin yang dapat terjadi pada orang dengan diabetes atau PCOS dapat menyebabkan penggelapan pada area kulit tertentu.
  • Keringat berlebihan (hiperhidrosis). Peningkatan produksi keringat yang sekaligus memengaruhi tingkat kelembapan di area ketiak dapat memicu iritasi kulit, yang bisa menyebabkan ketiak menghitam.
  • Hiperpigmentasi pascainflamasi. Semua jenis iritasi akibat mencukur atau kulit ekstra sensitif dapat menyebabkan ruam atau peradangan, yang dapat menyebabkan ketiak menghitam.
  • Alergi dan iritasi. Beberapa antiperspirant atau deodoran dapat memicu alergi atau iritasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan bisa membuat warna kulit ketiak menghitam.

Cara mencerahkan ketiak yang menghitam

Ingin tampil memukau dan cantik dengan gaun atau pakaian tanpa lengan, tetapi takut memperlihatkan ketiak Anda yang gelap pada saat bersamaan? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan ketiak yang menghitam, Moms. Dikutip dari laman Healthline, ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan ketiak secara alami.

1. Periksa deodoran atau antiperspirant Anda. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan ketiak menghitam adalah dengan memeriksa deodoran atau antiperspirant yang Anda gunakan, karena bisa saja deodoran atau antiperspirant yang Anda gunakan memiliki kandungan yang dapat memicu alergi dan iritasi, yang bisa menyebabkan peradangan dan menimbulkan penggelapan warna kulit ketiak.

2. Lakukan eksfoliasi ringan. Menurut Dr. Garshick, melakukan eksfoliasi kimia ringan menggunakan AHA dan BHA dapat sangat membantu mencerahkan ketiak yang menghitam. Namun, hindari menggosok area ketiak secara kasar, karena ini justru dapat memperburuk keadaan.

3. Menjaga kelembapan area ketiak. Melembapkan kulit di area ketiak dapat mencegah kulit menjadi kering, terutama setelah melakukan eksfoliasi ringan, yang dapat meningkatkan kemungkinan iritasi dan penggelapan.

4. Mencukur dengan benar dan aman. Hindari mencukur kering di area ketiak, sebaiknya, basahi area ketiak terlebih dahulu sebelum mencukur. Ini dapat mengurangi kemungkinan risiko iritasi kulit. Gunakan alat cukur yang bersih dan baru. 

5. Menggunakan kentang. Kentang adalah salah satu bahan alami yang paling terjangkau dan efektif untuk mencerahkan area ketiak yang menghitam. Cara menggunakannya, cukup parut kentang, peras parutan kentang untuk digunakan airnya. Oleskan air perasan parutan kentang ke ketiak Anda. Setelah 10 menit bilas ketiak hingga bersih.

6. Menggunakan mentimun. Untuk melenyapkan ketiak yang gelap, Anda juga bisa menggunakan mentimun. Ini berkat kandungan vitamin C dan K dalam mentimun yang bisa membantu mencerahkan ketiak menghitam. Cara menggunakannya, potong irisan mentimun yang tebal dan gosokkan irisan tersebut ke area ketiak yang menggelap. Kemudian bilas ketiak Anda hingga bersih.

7. Menggunakan lemon. Sebagaimana diketahui, lemon diperkaya akan vitamin C yang telah terbukti dapat membantu mencerahkan kulit, termasuk ketiak yang menghitam. Bagaimana cara menggunakannya? Cukup potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut ke ketiak Anda. Setelah itu, bilas ketiak Anda hingga bersih, keringkan, dan oleskan pelembap.

8. Mengoleskan kunyit. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mencerahkan ketiak yang menghitam. Hal ini berkat senyawa curcumin dalam kunyit yang dapat mengontrol produksi melanin dan mengatasi hiperpigmentasi. Cara menggunakannya, campurkan 2 sendok makan air lemon dan kunyit secukupnya dalam mangkuk kecil hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta campuran kunyit dan air lemon ke ketiak Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

9. Menggunakan tea tree oil. Tea tree oil telah terbukti menjadi salah satu essential oil yang sangat baik untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Tidak hanya dapat membantu mencerahkan ketiak, tetapi juga dapat membantu mencegah ketiak dari bau tidak sedap. Ini berkat sifat antimikroba alami yang dapat memerangi mikroba dan memastikan ketiak Anda bebas dari bau tak sedap. Cara menggunakan tea tree oil untuk mencerahkan ketiak menghitam adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dalam botol spray kecil. Semprotkan campuran ini pada ketiak Anda, dan biarkan hingga kering, setiap hari setelah mandi. 

Itulah 9 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan ketiak yang menghitam, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Sakshi Patwa/Pexels)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle