Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh Anda

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib yang ada pada menu makanan khas Indonesia. Menambahkan bawang putih pada masakan memang akan memberikan cita rasa tersendiri. Namun, bukan cuma sebagai penyedap, bawang putih juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, lho.

Nah, salah satu jenis bawang putih yang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita adalah bawang putih tunggal, biasa juga dikenal dengan nama bawang lanang.

Bawang putih tunggal sendiri merupakan jenis bawang putih dengan karakteristik unik. Jika bawang putih umumnya memiliki sejumlah siung, maka bawang putih tunggal hanya terdiri dari satu siung. Kulitnya berwarna putih keunguan dan memiliki ukuran kecil bulat dengan rasa dan aroma yang kuat.

Selain itu, jika bawang putih biasa umumnya digunakan sebagai bahan untuk menyedapkan masakan, maka bawang putih tunggal lebih sering dimanfaatkan sebagai obat herbal karena khasiatnya untuk kesehatan.

Nah, dikutip dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat konsumsi bawang putih tunggal untuk kesehatan Anda, Moms.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dilansir dari Healthline, bawang putih tunggal bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan dan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin sebagai antioksidan yang akan berubah menjadi senyawa allicin saat dikunyah atau dihancurkan.

Senyawa ini dapat melawan penyakit dan meningkatkan respons sel darah terhadap serangan virus tertentu. Jadi, mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi kemungkinan terinfeksi penyakit.

2. Mencegah kanker

Bawang putih tunggal mampu mengurangi risiko penyakit kanker, terutama kanker usus besar dan kanker perut. Bawang putih tunggal mengandung organosulfida yang dapat membantu kinerja hati untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker usus besar dan kanker perut. Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih tunggal lebih aman dari serangan kanker usus besar dan kanker perut dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

3. Menekan kadar kolesterol

Kandungan allicin dalam bawang putih tunggal juga bisa membantu menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengutip Naturally Yours, konsumsi bawang putih tunggal bisa menurunkan kadar kolesterol. Penelitian juga membuktikan bahwa bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida. Konsumsi bawang putih tunggal selama 4 minggu mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 12 persen.

4. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih tunggal mengandung asam amino, sulfur, dan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menurun. Relaksasi pada otot halus dan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang diikuti dengan relaksasi otot polos pada dinding pembuluh darah akan membuat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

5. Mengatasi flu

Bawang putih tunggal juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi flu. Hal ini berkat kandungan sulfurnya yang berbau khas dan kuat, yang mampu mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernapasan dan melenyapkan penyumbatan hidung saat flu serta membantu pengeluaran lendir atau dahak. Selain itu, kandungan phytochemical-nya bisa membantu tubuh untuk membunuh virus dan bakteri penyebab flu dan pilek.

6. Mengontrol diabetes

Mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin juga diyakini mampu mengurangi kadar gula darah. Kandungan allicin dan vitamin B mampu meregulasi insulin dalam darah untuk membantu mengontrol diabetes.

7. Meringankan asma

Bawang putih tunggal yang punya sifat antiinflamasi juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan dan meringankan asma. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menghaluskan bawang putih tunggal kemudian campur dengan madu lalu minum. (M&B/SW/Foto: Katerynabibro/123RF)