Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Inspirasi Makanan Enak dari Serial Korea Squid Game

8 Inspirasi Makanan Enak dari Serial Korea Squid Game

Di musim hujan seperti saat ini, paling enak menonton serial Korea sambil memanjakan lidah dengan makanan-makanan yang lezat ya, Moms. Nah, jika Moms bosan dengan makanan yang itu-itu saja, Anda bisa mencari inspirasi makanan atau camilan dari serial Korea yang sedang Anda tonton, lho. Salah satu serial Korea yang sempat ngetop banget adalah Squid Game, yang ternyata juga menampilkan beberapa makanan yang menggiurkan.

Mau dapat inspirasi makanan enak dari serial Squid Game? Yuk, lihat ada makanan apa saja sih yang muncul di serial yang tayang di Netflix ini.

1. Tteokbokki

Di episode 1, Moms melihat Seong Gi-hun mengajak putrinya makan di penjaja makanan pinggir jalan. Makanan yang mereka nikmati adalah tteokbokki (topoki), yang terbuat dari tepung beras dan disiram kuah gochujang pedas.

Pecinta drama Korea mungkin sudah tak asing dengan makanan ini, terlebih sekarang tteokbokki juga sudah banyak dijual di pasaran. Rasa makanan khas Korea ini enak banget, gurih, pedas, manis, dan disajikan hangat bersama saus kental kaya rasa. Mantap dinikmati saat hujan nih, Moms.

2. Ikan makerel asin

Masih ingat momen Gi-hun pulang ke rumah ibunya saat ia baru mendapatkan uang dari The Salesman (Gong Yoo) di episode 1? Gi-hun membeli ikan makerel asin yang dijual oleh ibu dari Cho Sang-woo, sahabat kecil Gi-hun. Ikan makerel asin atau godeungeo gui itu kemudian diberikan pada Kim Chun-ja, ibunya, dan dipanggang kering untuk disajikan bersama kimchi dan makanan pelengkap lainnya. Selain sehat, ikan makerel ini juga enak banget disajikan dengan nasi hangat. Wah, mantap dinikmati bersama keluarga.

3. Dosirak

Ini adalah nama lain dari bento box, bekal makanan khas Korea Selatan yang berisi nasi, lauk pauk, dan sayuran. Di Squid Game episode 3, dosirak yang diberikan kepada seluruh peserta dikemas dalam kotak makanan kaleng kecil berwarna emas.

Dosirak di Squid Game terdiri dari nasi, telur mata sapi, dan tiga banchan atau lauk pelengkap. Isi ketiga banchan tersebut adalah kimchi, kedelai hitam, dan ikan teri. Wah, terbayang sudah perpaduan rasa semua makanan dalam kotak dosirak, pasti yummy banget ya, Moms.

4. Soboro-ppang

Masih di episode 3, para peserta dibagikan sebuah roti dan sebotol susu. Walau tak jelas jenis rotinya, namun diperkirakan ini adalah soboro-ppang, roti khas Korea yang renyah di bagian luar dan lembut di dalam.

Soboro sendiri artinya adalah ‘jelek’ dan ppang artinya ‘roti’ yang membentuk arti roti jelek. Ini mungkin karena tampilan rotinya yang berantakan, padahal bagian atasnya diberi remahan streusel yang ketika selesai dipanggang terlihat pecah tak beraturan.

Isi soboro-ppang adalah pasta kacang yang manis, berpadu sempurna dengan roti yang gurih renyah. Roti ini memang cocok banget dinikmati dengan segelas susu, lho!

5. Dalgona candy

Ini mungkin makanan sederhana yang tiba-tiba booming sejak munculnya serial Squid Game. Permen ini terbuat dari gula dan baking soda yang dikocok cepat hingga mengembang, kemudian diletakkan di atas wajan antilengket dengan api kecil, dibentuk pipih, lalu dicetak aneka gambar. Jika Moms ingin mencoba aktivitas seru dengan Si Kecil, mengajak ia membuat dalgona candy juga menarik lho, Moms.

6. Telur dan cider

Di awal episode 4, para peserta Squid Game dibagikan sebutir telur dan sebotol cider. Telur ini disebut dengan maekbanseok gyeran atau telur ayam yang dipanggang dalam wajan elvan stone. Butuh 3 jam hingga telur matang sempurna dan menghasilkan aroma smoky juga nutty.

Mengutip My Korean Kitchen, memasak di elvan stone punya banyak khasiat, seperti melancarkan sirkulasi darah, menunda penuaan dini, dan mengaktifkan sel-sel tubuh yang mulai rusak. Sedangkan cider adalah minuman fermentasi buah (umumnya apel) yang biasanya mengandung alkohol, namun ada juga cider soda yang tanpa alkohol.

7. Ramen instan

Kisruh yang terjadi setelah babak pertama Squid Game membuat seluruh peserta dipulangkan dengan cara dibuang di tengah jalan. Saat itu Sang-woo dan Ali dikeluarkan dari mobil yang sama, kemudian mereka menuju ke minimarket untuk menikmati ramen instan.

Wah, ramen instan khas Korea memang terkenal enak dan rasanya pekat. Kuahnya pun kental dan cita rasanya autentik banget. Kini Moms juga bisa mencari ramen instan khas Korea di supermarket terdekat, pilihan ramen instan halal juga sudah banyak lho, Moms.

8. T-Bone steak

Sebelum babak terakhir, tiga pemain terakhir diberi makan malam mewah, yaitu T-bone steak yang dagingnya juicy banget. Steak jenis ini memang terkenal enak, empuk, dan mudah dimasak. Moms bisa menikmati steak jenis ini di rumah, cara masaknya juga mudah dan minim bumbu.

Menu ini cocok banget untuk mengisi barbeque night bersama keluarga dan sahabat. Jangan lupa tambahkan side dish seperti di Squid Game juga, yaitu asparagus dan tomat panggang dengan sedikit lobak merah diiris tipis. Mantap! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Jcomp/Freepik)