Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ada Jerawat di Punggung? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada Jerawat di Punggung? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah jerawat yang terjadi di wajah menjadi kondisi yang umumnya dikhawatirkan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Namun, jerawat sendiri bisa berkembang di mana saja kecuali pada telapak tangan dan telapak kaki. Dan jerawat yang ada di punggung pun menjadi permasalahan yang juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sama seperti pada wajah, punggung memiliki folikel sebaceous yang bisa membentuk jerawat. Faktor penyebabnya pun beragam dan memang cukup sulit untuk menghilangkan jerawat di punggung dibandingkan dengan jerawat di wajah. Tapi, tenang saja Moms, karena Anda tetap bisa mengatasi kondisi ini dengan langkah yang tepat dan tentunya sederhana.

Baca juga: Jerawatan? Kenali Tanda Kesehatan Berdasarkan Letak Jerawat

Penyebab jerawat di punggung

Sebenarnya, hal-hal yang menyebabkan jerawat timbul di punggung hampir sama dengan yang muncul di wajah. Namun, Anda tidak boleh menyepelekan faktor-faktor tersebut agar jerawat bisa hilang. Nah, agar lebih jelas, simak beberapa penyebab jerawat di punggung berikut ini!

1. Jarang membersihkan tubuh

Setelah beraktivitas seharian, polusi bisa menempel di tubuh yang juga sedang berkeringat. Bagian belakang atau punggung pun lebih sering tertutup sehingga sangat mudah untuk menjadi lembap. Kondisi ini akan memudahkan bakteri bertumbuh dan menumpuk bersama sel-sel kulit mati, sebum, dan keringat. Jerawat pun jadi mudah muncul, terutama di bagian bahu dan punggung jika Anda tidak membersihkan tubuh dengan segera.

2. Pemilihan pakaian

Mengenakan pakaian tidak hanya sekadar bagus dan rapi, tapi juga nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik. Jika pakaian terlalu ketat atau terbuat dari bahan yang tebal, maka tubuh akan makin mudah lembap dan tentu saja bisa menimbulkan jerawat di area punggung.

3. Hormon

Ketidakstabilan hormon dapat memicu timbulnya jerawat, termasuk di area punggung. Kondisi hormonal ini terjadi antara lain saat memasuki masa pubertas, sedang berada di fase menstruasi dan kehamilan, bahkan ketika mengalami stres berkepanjangan. Apabila jenis kulit cenderung berminyak, maka munculnya jerawat akan semakin banyak, tak terkecuali di punggung atau bagian tubuh lainnya.

4. Genetik

Apabila orang tua memiliki jenis kulit berminyak, maka kondisi ini bisa saja menurun pada Anda. Faktor genetik tersebut tentu bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di beberapa area tubuh, seperti di wajah, bahu, dan punggung.

5. Tempat tidur kotor

Ketika Anda ingin tidur, pastikan tempat atau area tidur sudah cukup bersih dan sejuk. Kebersihan ini termasuk seprai, bantal, guling, hingga kasur. Sebab, kondisi tempat tidur yang kotor, lembap, serta berminyak, akan membuat bakteri makin mudah berkembang biak. Dan jika tidak dijaga kebersihannya, tentu akan menimbulkan masalah kesehatan kulit, seperti munculnya jerawat yang ada di area punggung.

Cara mudah atasi masalah jerawat di punggung

Jerawat yang muncul di punggung terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Komedo putih (whitehead)
  • Komedo hitam (blackhead)
  • Papula (bintik merah)
  • Nodul (benjolan dalam kulit yang berukuran besar)
  • Kista (benjolan besar berisi air dan nanah, biasanya terasa sakit).

Anda tentu dianjurkan untuk mandi, setidaknya 2 kali sehari atau saat tubuh mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Tidak hanya mengenakan pakaian yang nyaman saat beraktivitas, Moms juga disarankan untuk segera mengganti pakaian setelah berolahraga. Selain itu, pilih produk perawatan kulit dengan kandungan bahan yang aman dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi dan hindari pemicu dari munculnya jerawat di punggung. Menurut American Academy of Dermatology, makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi berisiko meningkatkan gula darah, seperti roti putih, beras putih, dan pasta. Jenis makanan ini diketahui bisa memperburuk kondisi jerawat yang ada di tubuh sehingga Anda perlu mengurangi jumlahnya saat mengonsumsinya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)