Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Pijat Kesuburan, Bisakah Membantu Perempuan untuk Segera Hamil?

Pijat Kesuburan, Bisakah Membantu Perempuan untuk Segera Hamil?

Perjalanan setiap pasangan untuk bisa mendapat momongan tentu berbeda-beda. Ada yang beruntung karena langsung dianugerahi kehamilan ketika baru beberapa bulan menikah, tapi ada juga yang harus menunggu bertahun-tahun sampai akhirnya dikaruniai anak. Bagi Moms yang masih berusaha mendapatkan momongan, mungkin Anda bisa mencoba pijat kesuburan untuk meningkatkan kesuburan dan peluang agar bisa hamil.

Pijat kesuburan adalah jenis pijat yang ditujukan untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi. Teknik pijat ini memberikan manfaat yang mencakup peningkatan kesehatan perut, kesehatan reproduksi, dan siklus menstruasi. Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pijat kesuburan secara langsung bisa meningkatkan kesuburan, tapi pijat tetap bisa membantu mengurangi stres.

Melansir laman FirstCry Parenting, banyak penelitian menunjukkan bahwa pijat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang berkontribusi pada peningkatan suasana hati dan kesejahteraan. Nah, menggabungkan pijat kesuburan dengan kebiasaan hidup sehat diharapkan bisa membantu meningkatkan peluang perempuan untuk segera hamil.

Cara melakukan pijat kesuburan di rumah

Ada banyak teknik pijat kesuburan seperti pijat jaringan dalam, chi nei tsang, akupresur, pijat Swedia, pijat shiatsu, dan masih banyak yang lainnya. Anda bahkan bisa menggunakan salah satu teknik pijat tersebut atau bahkan menggabungkan dua teknik pijat untuk meningkatkan kemungkinan pembuahan. Namun, beberapa teknik pijatan ini hanya boleh dilakukan oleh terapis berkualifikasi yang telah menguasainya.

Bila Moms ingin mencobanya sendiri di rumah, Anda bisa melakukan beberapa teknik pijat kesuburan berikut ini:

1. Pijat femoralis

Teknik pijat satu ini melibatkan pemijatan pada area adduktor atau paha bagian dalam. Moms bisa melakukannya sambil duduk, kemudian pegang otot paha bagian dalam dengan lembut sebanyak mungkin, kemudian pijat lembu dari arah belakang ke depan bergantian dengan masing-masing tangan. Gerakan pijat ini bertujuan untuk meningkatkan aliran getah bening dan darah kembali ke organ reproduksi dan perut bagian bawah.

2. Pijat perut

Ini merupakan salah satu teknik pijat paling populer yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan cara:

1. Berbaring telentang dan tekuk lutut Anda sedikit. Kemudian raih pinggang kiri tubuh Anda menggunakan tangan kanan dan kaitkan ke otot samping. Tarik tangan Anda perlahan melintasi bagian tengah perut sambil tetap bernapas, dan lakukan hal yang sama pada sisi satunya. Lakukan gerakan ini sebanyak 9 kali pada masing-masing sisi.

2. Gerakan lainnya, Moms bisa meletakkan kedua tangan Anda di sisi tubuh. Lalu dengan sedikit tekanan, bawa kedua tangan Anda ke arah tengah perut atau pusar. Kemudian tekan ke bawah dan usap perut (ikuti telapak tangan) ke arah tulang kemaluan. Setelah itu pastikan tangan Anda bergerak ke samping sepanjang garis inguinal, kembali ke sisi tubuh di garis pinggang. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

3. Pijat inguinal (selangkangan)

Lakukan teknik ini dengan posisi berbaring telentang, letakkan telapak tangan di tempat tubuh bagian bawah (selangkangan) dan kaki bertemu. Berikan tekanan lembut menggunakan permukaan jari manis, jari tengah, dan telunjuk, hingga sensasi denyutan terasa lebih kuat. Tahan gerakan tersebut selama sekitar 15 detik dan lepaskan.

Saat Moms memutuskan untuk melakukan pijat kesuburan, pastikan juga Anda memilih waktu yang tepat. Dalam kasus konsepsi alami, pijat kesuburan untuk pria dan wanita dapat dilakukan hingga sehari sebelum ovulasi. Sementara bila Anda menjalani inseminasi intrauterin, fertilisasi in-vitro, dan transfer zigot intra-fallopi, sesi pijat kesuburan dapat dilakukan hingga hari donor sperma untuk pria dan inseminasi untuk wanita.

Pastikan pula untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pijat kesuburan atau memilih perawatan infertilitas lainnya agar bisa melakukan langkah selanjutnya untuk mencapai kehamilan ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Javi_Indy/Freepik)