Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Lebih dari Ungkapan Cinta, Ini 8 Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan

Lebih dari Ungkapan Cinta, Ini 8 Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan

Tak sekadar untuk menunjukkan rasa cinta kepada pasangan, lebih dari itu, ciuman bibir ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Dan hal ini juga didukung oleh sejumlah penelitian. Berikut ini beberapa manfaat ciuman bibir untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Kenali 11 Jenis Ciuman Penuh Makna, Bisa Langsung Dipraktikkan, lho!

1. Meningkatkan hormon bahagia dan hubungan dengan pasangan

Dikutip dari laman Healthline, berciuman merangsang otak untuk melepaskan “hormon bahagia”, ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang memicu pusat kesenangan di otak sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia.

Selain membuat Anda merasa bahagia, hormon ini juga dapat mendorong perasaan lebih sayang dan menguatkan ikatan. Dengan kata lain, berciuman dapat meningkatkan perasaan sayang dan keterikatan yang sangat penting dalam hubungan jangka panjang. Jadi, makin sering Anda melakukannya, makin dekat dan intim perasaan Anda kepada pasangan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Berciuman dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan memasukkan bakteri baru–bakteri baik–ke dalam tubuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut Shilpa Ravella, M.D., ahli gastroenterologi dan asisten profesor di Columbia University Medical Center, triliunan mikroorganisme hidup di dalam mulut yang dikenal sebagai mikrobioma.

Lebih lanjut, Dr. Ravella menunjukkan sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Belanda. Ketika berciuman selama kurang lebih 10 detik, sekitar 80 juta bakteri baik berpindah antara Anda dan pasangan dan memasukkan bakteri baik baru yang bisa bermanfaat.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki berbagai jenis bakteri baik berkorelasi dengan peningkatan kesehatan yang baik. Hal ini karena mikrobioma yang beragam bisa membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita dari kuman berbahaya.

3. Menurunkan tingkat kecemasan dan stres

Manfaat kesehatan dari berciuman lainnya adalah membantu menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Hal ini karena saat berciuman tubuh menghasilkan hormon oksitosin, atau dikenal juga dengan hormon cinta, yang menurut Stephanie Hartselle, MD, asisten profesor psikiatri di Brown University, dapat menimbulkan rasa tenang dan relaksasi yang sama kuatnya dengan banyak obat antikecemasan. Selain itu, berciuman juga bisa menurunkan kadar kortisol atau hormon stres yang bisa membantu menurunkan tingkat stres.

Seperti yang ditunjukan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Western Journal of Communication, berciuman dikaitkan dengan penurunan tingkat stres dengan menurunkan kadar kortisol. Setelah dilakukan uji coba selama 6 minggu yang melibatkan 52 orang dewasa yang sudah menikah, hasilnya orang dewasa yang lebih sering mencium pasangannya memiliki tingkat stres yang rendah.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Menurut Ryan Neinstein, M.D., seorang ahli bedah plastik di New York City, berciuman bisa meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah melebar, aliran darah Anda akan meningkat dan menyebabkan penurunan langsung pada tekanan darah Anda. Selain itu, berciuman juga bisa menurunkan kadar kortisol yang juga berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah.

5. Meningkatkan gairah seksual

Sudah menjadi rahasia umum jika berciuman dapat meningkatkan gairah seksual, dan ini menjadi awal yang bagus untuk memulai hubungan seks dengan pasangan. Hal ini karena berciuman bisa memberikan efek bahagia dengan melepaskan hormon bahagia dan memberikan efek merangsang tubuh yang bisa mengarah ke hubungan seks yang intim dan romantis dengan pasangan, menurut Jessica A. Shepherd, MD, MBA, dokter obstetrics and gynecology. Sebuah studi dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menyebutkan bahwa wanita lebih mungkin mencapai orgasme ketika melibatkan ciuman mendalam saat berhubungan seks.

6. Membakar kalori

Dikutip dari laman Mind Body Green, menurut Joseph S. Alpert, M.D, cardiologist, berciuman dengan penuh gairah dapat membakar 2 hingga 26 kalori per menit. Ini mungkin bisa membantu menurunkan berat badan, meskipun latihan fisik secara rutin lebih dianjurkan.

7. Mengencangkan otot wajah

Berciuman bisa melibatkan 2 hingga 34 otot-otot di wajah. Itu artinya, berciuman dapat membantu mengencangkan otot-otot wajah Anda. Sebuah editorial di American Journal of Medicine menjelaskan bahwa berciuman bibir secara sederhana hanya membutuhkan 2 otot di wajah, tetapi berciuman bibir secara mendalam dan penuh gairah membutuhkan 34 otot wajah yang memungkinkan otot-otot wajah menjadi lebih sehat dan direvitalisasi.

8. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit

Berciuman bisa memberi Anda tampilan kulit yang lebih muda dan bercahaya. Bagaimana tidak, saat berciuman terjadi peningkatan aliran darah ke wajah yang dapat merangsang produksi kolagen dan elastin yang bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini kulit. Berciuman juga dapat mengencangkan otot wajah, yang bisa memberikan tampilan kulit yang lebih muda dan kencang. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Vlada Karpovich/Pexels)