Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Corona Masih Ada! Ini Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental dari Rumah

Corona Masih Ada! Ini Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental dari Rumah

Sudah dua tahun berlalu sejak kasus COVID-19 pertama ditemukan di Wuhan, namun hingga saat ini, virus corona masih tetap menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Lelah? Sudah pasti. Jenuh, jangan ditanya ya, Moms. Tak hanya menghadapi virus, masalah kesehatan mental kita pun diuji di masa pandemi ini.

Keadaan ini tentunya memicu timbulnya stres hingga mental breakdown bagi banyak orang. Tak sedikit yang merasa sedih, takut, tak nyaman, serta frustrasi menghadapi berbagai masalah yang datang selama pandemi ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Indah Sundari, M.Psi, Psikolog, yang mengatakan bahwa keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi. “Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya,” jelasnya.

Lalu, apa solusinya? Liburan? M&B yakin banyak Moms di sini yang rindu berlibur bersama keluarga, tapi alangkah bijaknya jika kita tetap berada di rumah ya, untuk membantu memutuskan rantai virus ini. Mungkin belum terpikirkan sebelumnya, tapi Moms dan keluarga bisa tetap melakukan kegiatan seru di rumah dan area sekitar rumah, lho.

Mengerti tentang pentingnya kesehatan mental di masa pandemi dan dalam rangka merayakan Hari Pers Nasional 2022, Tokopedia mengadakan Virtual Media Gathering dengan topik “Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia” yang menghadirkan narasumber External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Psikolog Indah Sundari, M.Psi, Founder Studio Sanjunipero, Steffie Zaoryan, dan Interior Designer Mendekor, Nikia Vini, Selasa, 8 Februari 2022 lalu.

Happy walau #DiRumahAja? Bisa!

Tak harus berlibur ke pantai atau berwisata ke luar kota maupun luar negeri, Tokopedia dan Indah pun membagikan cara-cara simpel namun efektif untuk menjaga kesehatan mental dari rumah, yaitu:

1. Belajar melukis atau membuat kerajinan tangan

“Melakukan aktivitas seperti melukis ‘paint by numbers’ atau membuat kerajinan tangan, misalnya, dapat membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat,” kata Indah. Di Tokopedia sendiri, produk paint by numbers atau alat lukis lainnya serta peralatan kerajinan tangan masing-masing meningkat hampir 2x lipat sepanjang 2021 dibandingkan tahun 2020. Ini menandakan bahwa seni dan kerajinan tangan sangat diminati sebagai salah satu cara untuk melepas stres ya, Moms.

2. Meditasi dengan menulis jurnal harian atau membaca

Menulis jurnal harian dapat membantu seseorang mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dipahami. “Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri,” saran Indah. Ya, menulis maupun membaca memang cara simpel namun sangat efektif untuk membuat kita rileks dan terhanyut ya, Moms. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, juga mengatakan bahwa penjualan buku tentang pengembangan diri di Tokopedia meningkat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

3. Tetap terhubung dan berbagi cerita

Indah menuturkan bahwa dengan menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat, kita bisa merasa lebih tenang dan tidak merasa sendirian. Bahkan dukungan teman atau keluarga bisa membantu menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Tidak harus bertemu langsung, tentunya Moms juga bisa memanfaatkan teknologi dan internet untuk pertemuan virtual, kan.

4. Kenali batas diri sendiri

Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. “Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun karena tidak fokus, dan lain-lain,” jelas Indah. “Artinya kita perlu sediakan waktu untuk istirahat dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali,” lanjutnya.

5. Berolahraga fisik dan mental

Tak hanya membuat badan segar dan bugar, olahraga juga bisa meningkatkan hormon bahagia, lho. Tak heran dong, jika kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021. Moms bisa melakukan olahraga yang disuka sekaligus menyenangkan, misalnya dengan melakukan yoga atau lari pagi. “Atau bisa mencoba olahraga rekreasi seperti bermain sepatu roda,” saran Indah. 

Jadi, #dirumahaja, bukan berarti Moms dan keluarga tak bisa bahagia, kan? (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Freepik, Image Dynamics)