Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cegah Hoaks Soal Parenting, Aplikasi Tentang Anak Sediakan Informasi Kredibel

Cegah Hoaks Soal Parenting, Aplikasi Tentang Anak Sediakan Informasi Kredibel

Kemajuan teknologi bagai pedang bermata dua. Di satu sisi, informasi makin mudah didapat, namun di sisi lainnya informasi dapat datang silih berganti tanpa filter. Oleh karena itu, enggak heran jika ada begitu banyak mitos maupun hoaks yang tersebar di masyarakat, tak terkecuali seputar dunia parenting atau merawat anak.

Ada mitos dan hoaks yang tidak berbahaya, namun ada pula yang malah bisa mengancam perkembangan Si Kecil. Sayangnya, enggak sedikit mitos dan hoaks yang bisa menghambat tumbuh kembang anak, misalnya menempel koin pada pusar bayi agar tidak bodong yang malah bisa menyebabkan infeksi atau membedong bayi perlu ketat agar kakinya tidak berbentuk O yang malah bisa membuat bayi sesak napas.

Untuk itu, sebagai orang tua di era modern, kita perlu kritis dan berhati-hati saat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Kendati demikian, hal ini juga dapat menjadi tantangan tersendiri, ya. Terutama dengan mendarah dagingnya mitos tertentu karena sudah menjadi bagian dari tradisi maupun kebiasaan.

Orang tua tetap perlu belajar seumur hidup

Tasya Kamila, mantan artis cilik yang kini juga seorang ibu, mengaku bahwa proses pencarian informasi mengenai perkembangan anak makin menantang karena orang tua tetap perlu belajar seumur hidup.

“Menjadi seorang ibu atau orang tua baru, banyak banget yang berubah dalam hidup kita. Mulai dari hamil saja sudah banyak yang berubah. Kita clueless tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dan di situlah kita membutuhkan banyak informasi. Dan aku rasa parenting adalah a lifetime learning juga. Karena di setiap tahapan perkembangan anak, pasti ada aja tantangannya. Misalnya kita sudah merasa mastering perawatan newborn, eh ternyata sudah lewat fase newborn dan ada fase baru lain yang harus dihadapi dengan tantangan baru lagi,” kata Tasya di acara Grand Launch Aplikasi Tentang Anak.

Oleh karena alasan ini, dr. Mesty Ariotedjo Sp.A, dokter spesialis anak, dan sang suami, Garri Juanda, meluncurkan aplikasi Tentang Anak. Baik dr. Mesty dan Garri berharap aplikasi ini dapat membantu orang tua dan anak Indonesia tumbuh dengan optimal.

Satu platform untuk semua

“Tentang Anak memiliki misi untuk mendampingi seluruh orang tua dan anak di Indonesia untuk memperoleh akses edukasi dan produk terbaik langsung dari pakar atau ahlinya,” tutur dr. Mesty selaku founder Tentang Anak. Oleh karena itu, tak hanya dibekali dengan informasi tepercaya, Tentang Anak juga memiliki berbagai fitur lain yang diharapkan bisa membantu orang tua dan anak.

Mulai dari fitur menu MPASI lengkap dengan hitungan nutrisi, evaluasi tumbuh kembang anak, hingga tanya jawab langsung dengan para pakar setiap hari, semua hal tersebut menjadikan aplikasi ini mempermudah orang tua saat merawat anak.

Berawal dari rangkaian Instagram Live yang dilakukan oleh dr. Mesty bersama para pakar lain, aplikasi Tentang Anak kini bisa digunakan gratis dan diunduh di Play Store maupun App Store. Jadi, biar enggak bingung lagi soal parenting dan merawat anak, Moms bisa unduh aplikasi ini, ya. (M&B/Gabriela Agmassini/Foto: Freepik, Tentang Anak)