Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Menjelang Persalinan, Ini 10 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

Menjelang Persalinan, Ini 10 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

Saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, bumil tentu sudah mulai menyiapkan diri untuk menyambut kelahiran Si Kecil. Terlebih lagi ketika waktu bersalin atau due date makin dekat, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk segera menimang bayi Anda.

Selain mempersiapkan segala macam kebutuhan untuk persalinan, Moms perlu membekali diri dengan mengetahui tanda-tanda Anda akan segera melahirkan dalam waktu dekat, sehingga Anda akan lebih siap menjalani proses persalinan. Berkut ini tanda-tanda bumil akan segera melahirkan.

1. Berat badan tidak bertambah

Umumnya, berat badan Moms akan bertambah secara bertahap selama masa kehamilan. Tapi menjelang persalinan, berat badan justru akan tetap stabil atau tidak bertambah. Bahkan, beberapa calon ibu mengalami berat badan yang cenderung turun. Kondisi ini tentu normal terjadi, akibat tingkat cairan ketuban yang lebih rendah karena mendekati HPL.

2. Makin sulit tidur

Bumil tentu harus banyak istirahat, apalagi di akhir trimester ketiga. Namun, tak jarang Anda justru merasa sulit tidur saat siang maupun malam hari. Kondisi ini terjadi karena timbul perasaan gelisah dan khawatir memikirkan proses melahirkan yang sudah mendekat. Untuk itu, usahakan agar sebisa mungkin Anda bisa tetap beristirahat cukup agar tenaga dan stamina tetap terjaga.

3. Mood dan energi yang berubah

Bumil yang akan menjalani proses melahirkan tentu bisa merasakan banyak hal sehingga mood pun akan berubah secara tidak biasa. Hormon estrogen yang mengatur suasana hati akan mengalami peningkatan, sehingga Moms jadi lebih emosional, merasa cemas, lelah, sedih, serta lesu di saat bersamaan. Di sisi lain, hormon progesteron yang juga meningkat justru membantu mengendurkan otot dan persendian serta mencegah kontraksi dini.

Tak hanya mood, Anda juga bisa mengalami perubahan energi saat melakukan aktivitas. Moms mungkin memilih untuk tetap berbaring saat matahari sudah terik. Tapi, Moms juga bisa merasakan ledakan energi yang besar, sehingga lebih bersemangat untuk menyiapkan serta merapikan segala sesuatu sambil menantikan kelahiran buah hati. Tenang saja! Kondisi ini termasuk normal dan tidak perlu dikhawatirkan, kok.

4. Kontraksi lebih sering terjadi

Selama hamil, Moms memang bisa mengalami kontraksi dengan frekuensi yang hanya muncul sesekali. Namun menjelang persalinan, Anda akan merasakan kontraksi dengan frekuensi yang lebih sering. Kondisi ini disebut juga dengan istilah kontraksi Braxton-Hicks, yang juga dikenal sebagai kontraksi palsu.

Pada saat terjadi, Moms akan merasakan tekanan saat otot-otot rahim menegang sebagai persiapan untuk mendorong bayi keluar. Kontraksi ini datang dan pergi tanpa pola yang teratur dan menjadi lebih intens. Hal tersebut tentu berbeda dengan kontraksi persalinan yang tidak akan hilang dan makin meningkat hingga bayi lahir nantinya.

5. Perut kram dan sakit pada punggung

Banyak dari bumil yang mengalami nyeri atau sakit punggung, terutama pada punggung bagian bawah. Kondisi ini serupa dengan saat Anda mengalami menstruasi bulanan, karena otot dan persendirian meregang serta bergeser untuk persiapan kelahiran. Perut juga akan mengalami kram karena kadang terjadi perubahan posisi bayi ke jalur lahir.

6. Sendi terasa longgar

Hormon relaxin yang meningkat dalam tubuh bumil dan membuat ligamen sedikit mengendur menjadi salah satu tanda Anda akan segera melahirkan. Maka, beberapa bagian sendi pun akan terasa lebih rileks dan membuka panggul atau jalur lahir bayi sehingga lebih mudah untuk dilahirkan nantinya.

7. Posisi bayi terasa “turun”

Ketika hari persalinan akan tiba, bayi akan mengubah posisinya dengan turun ke rongga panggul sang ibu. Pada kondisi ini, rahim akan menekan kandung kemih dan membuat Moms jadi lebih sering buang air kecil dibanding sebelumnya.

Secara umum, hal tersebut akan terjadi sekitar 2-4 minggu sebelum HPL. Bagi bumil yang baru pertama akan melahirkan, Anda mungkin sangat merasakan kondisi ini, tetapi ini jarang dirasakan oleh bumil yang sudah pernah melahirkan sebelumnya.

8. Leher rahim menipis dan terbuka

Seperti disebutkan bahwa posisi bayi akan berubah, di mana kepalanya akan berada di bawah menuju jalur lahir menjelang persalinan. Pada situasi tersebut, leher rahim atau serviks juga akan terasa makin melebar dan menipis.

Fase “bukaan” leher rahim ini akan diukur dalam skala sentimeter (cm) atau dengan memasukkan jari. Apabila 10 jari sudah dapat dimasukkan atau sekitar 10 cm lebarnya, maka bisa digolongkan bahwa pembukaan sudah lengkap. Pada kondisi inilah Anda dan bayi sudah dianggap siap untuk menjalani proses persalinan.

9. Keluar lendir seperti keputihan

Kondisi yang juga bisa dijadikan tanda bumil akan segera melahirkan adalah keluarnya lendir yang tampak seperti keputihan. Tidak jarang lendir kental tersebut berwarna bening, merah muda, atau sedikit berdarah. Lendir ini berasal dari leher rahim, yang akan membesar dan melunak guna membentuk jalan untuk bayi keluar. Kondisi ini pun termasuk normal dan akan terjadi dalam hitungan jam sebelum persalinan. Namun, segeralah ke rumah sakit apabila Anda merasa darah yang keluar cukup banyak.

10. Air ketuban pecah

Setelah keluarnya lendir, tanda lain yang juga menunjukkan bahwa waktu melahirkan segera tiba adalah pecahnya air ketuban. Kondisi ini sebenarnya tidak sedramatis yang ditampilkan pada film atau serial yang pernah Moms tonton. Saat air ketuban pecah secara spontan, akan terasa semburan cairan hangat yang akan mengalir hingga ke kaki. Cairan ketuban sendiri berwarna jernih dengan sedikit bau apek. Anda tidak perlu panik dan segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan secara medis.

Baca juga: 10 Tips Ampuh Mengurangi Rasa Nyeri saat Melahirkan

(M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Valuavitaly/Freepik)