Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Buah-buahan yang Baik untuk Melancarkan Buang Air Besar

Buah-buahan yang Baik untuk Melancarkan Buang Air Besar

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan keluhan kesehatan yang umum dialami orang-orang. Ada banyak faktor penyebab masalah ini, seperti kurang minum air, kurang aktif bergerak, tetapi faktor pola makan yang buruk berperan besar menyebabkan munculnya gangguan sembelit dan sulit buang air besar (BAB).

Jika dibiarkan berlarut-larut, sembelit bisa bikin masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Kabar baiknya, ada banyak cara untuk mengatasi masalah sembelit dan susah BAB ini, tak harus selalu dengan mengonsumsi obat pencahar. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Ya, buah termasuk asupan yang diyakini baik untuk menjaga saluran pencernaan tetap dalam kondisi sehat tanpa masalah. Buah dikenal mengandung serat yang baik untuk pencernaan sehingga bisa memperlancar urusan BAB. Nah, berikut ini beberapa buah yang baik untuk melancarkan BAB Anda.

Baca juga: Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Anak Balita

1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang populer dan sangat mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Buah ini juga terkenal sangat membantu dalam melancarkan buang air besar berkat enzim papain yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, pepaya juga memiliki serat dan kadar air yang tinggi. Keduanya baik dalam mencegah sembelit dan membantu buang air besar jadi teratur sehingga pencernaan pun jadi sehat.

2. Apel

Apel kaya akan serat. Dalam satu buah apel berukuran sedang, ada sekitar 2,8 gram serat bersifat tidak larut dan 1,2 gram serat larut. Serat tidak larut membantu Anda buang air besar secara teratur, sementara serat tidak larut akan menyerap air ketika melewati sistem pencernaan dan mempersingkat waktu makanan singgah sehingga membantu membawa kotoran serta mencegah sembelit dan diare. Untuk mendapatkan manfaat serat dalam apel secara optimal, ada baiknya Anda makan buah ini bersama kulitnya, Moms.

3. Pir

Sama seperti apel, buah ini juga kaya akan serat. Satu buah pir berukuran sedang memiliki 5,5 gram serat, terdiri atas serat tidak larut sekaligus serat larut yang baik bagi usus. Selain itu, pir mengandung fruktosa dan sorbitol lebih tinggi daripada buah lainnya. Kedua zat ini bisa menarik lebih banyak air dan membuat feses jadi lunak sehingga mudah keluar dari saluran pencernaan. Sama seperti apel juga, untuk mendapatkan manfaat serat dalam pir secara optimal, Anda sebaiknya makan buah ini bersama kulitnya.

4. Jeruk

Ada berbagai jenis jeruk, tetapi semuanya mengandung serat larut pektin yang bisa membantu meringankan sembelit yang sedang dialami. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam jeruk juga diketahui membantu meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus, sehingga feses pun jadi lebih lunak dan lebih mudah keluar.

5. Kiwi

Memang, kiwi tidak sepopuler pepaya, apel, pir, maupun jeruk karena lebih jarang ditemui. Namun, buah ini bisa jadi solusi pilihan ketika Anda mengalami sembelit, Moms. Meskipun ukurannya kecil, kiwi mengandung banyak serat dan mengonsumsi buah ini bisa membantu melancarkan BAB serta mencegah munculnya sembelit.

Selain mengonsumsi buah-buahan, Anda juga bisa melakukan ini untuk melenyapkan sembelit dan melancarkan BAB, Moms.

  • Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Berolahraga secara rutin. Semakin sering Anda bergerak, maka semakin sehat pula usus Anda. Gerakan fisik apa pun dapat membantu berbagai makanan di dalam perut bergerak menuju tujuan akhirnya, yakni anus.
  • Buat jadwal teratur untuk buang air besar. Pilih waktu yang tepat untuk melakukannya, misalnya di pagi hari sebelum memulai aktivitas.
  • Konsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

(M&B/SW/Foto: Drobotdean/Freepik)