Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami dan Mudah

Begini Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami dan Mudah

Bekas luka, walau hanya segaris, kerap membuat seseorang jadi tak percaya diri. Apalagi jika bekas luka itu terdapat di area kulit yang terbuka sehingga bisa dengan mudah terlihat oleh orang lain. Nah, berikut ini adalah cara mudah yang diyakini bisa lebih cepat menghilangkan atau memudarkan bekas luka menggunakan bahan-bahan alami, Moms.

1. Lidah buaya

Seperti dilansir dari situs Healthline, lidah buaya memiliki kemampuan untuk memudarkan bekas luka. Anda bisa mengoleskan gel berwarna bening yang terdapat pada lidah buaya. Oleskan memutar di atas bekas luka. Setelah 30 menit, bersihkan gel dengan menggunakan air dingin. Anda bisa melakukannya 2 kali dalam sehari.

2. Madu

Selain rasanya enak dan mengandung nutrisi tinggi, madu juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka lho, Moms. Pasalnya, madu memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit. Anda bisa mengoleskan madu di luka pada malam hari, lalu balut dengan perban. Biarkan selama semalaman dan bersihkan di pagi harinya dengan menggunakan air hangat.

3. Minyak kelapa atau minyak zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga diyakini mampu membantu menghilangkan atau memudarkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis. Untuk perawatan, Anda cukup oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun ke atas bekas luka. Pijat secara perlahan selama sekitar 10 menit, lalu biarkan minyak menyerap ke dalam kulit selama sekitar 1 jam. Anda bisa melakukan langkah ini 2-4 kali dalam sehari.

4. Lemon

Buah lemon juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, iris lemon, lalu peras air lemon ke atas luka. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari.

5. Bawang putih

Bawang putih terkenal sebagai salah satu obat herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Bukan hanya membantu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga diyakini bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis atau peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan terasa gatal. Oleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke area bekas luka, lalu diamkan selama beberapa menit. Anda juga bisa mengoleskan campuran bawang putih dengan lidah buaya atau madu.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat asam yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, meminimalisasi produksi sebum, dan mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, cairan ini dinilai cukup efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama bekas luka akibat jerawat.

Sebelum digunakan, Anda perlu mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air matang. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke kulit. Lakukan langkah ini setiap malam sebelum tidur dan bersihkan pada pagi harinya. Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda perlu membuat larutan air cuka yang lebih encer atau lebih banyak air.

7. Kentang

Potong kentang dalam bentuk lingkaran lalu usap ke area luka. Lakukan selama sekitar 20 menit. Ganti potongan kentang apabila sudah mulai kering. Setelah itu, diamkan selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

Selain cara alami di atas, menghilangkan bekas luka juga bisa dilakukan dengan cara medis, seperti prosedur dermabrasi, mikrodermabrasi, suntikan kortikosteroid, serta proses laser resurfacing untuk hasil yang lebih cepat.

Baca juga: Begini Cara Tepat Merawat Luka Kulit Terkena Panas

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)