Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Salah, Ngemil juga penting untuk Menjaga Kesehatan Mental Kita

Jangan Salah, Ngemil juga penting untuk Menjaga Kesehatan Mental Kita

Pentingnya menjaga kesehatan mental makin sering dibicarakan, terutama selama pandemi terjadi. Salah satu hal yang memengaruhinya adalah adanya anjuran agar Anda dan keluarga sebaiknya melakukan aktivitas di rumah saja. Rasa bosan tentu saja bisa muncul dan makan camilan menjadi hal yang cukup sering dilakukan untuk mengatasi kebosanan.

Seperti disebutkan pada hasil Survei The State of Snacking tahun ke-3 ini, 93% responden mencari camilan untuk meningkatkan kesehatan mental mereka. Bahkan, 72% responden mengatakan bahwa motivasi utama mereka dalam memilih camilan adalah sebagai hadiah untuk diri mereka sendiri (self-reward).

Survei The State of Snacking - Mondelez International

“Survei The State of Snacking sendiri merupakan bagian dari upaya Mondelez International dalam memahami kebutuhan konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” jelas Rizky Maulana Kurniawan selaku Head of Category Plan and Activation Mondelez Indonesia.

Cara tepat untuk melakukan mindful snacking

Kegiatan ngemil memang sering dianggap sebagai waktu untuk melepaskan diri dari beban mental, yang disadari atau tidak, bisa kita alami setiap hari. Karena itu, Moms mungkin setuju bahwa adanya camilan mampu menimbulkan rasa bahagia atau kepuasan diri.

Melihat pentingnya menikmati camilan secara sadar, Mondelez Indonesia mengajak masyarakat untuk menerapkan #JamNgemil. Moms diajak untuk meluangkan waktu sejenak saat menikmati camilan, sebagai cara sederhana untuk membahagiakan diri dan mengapresiasi diri.

“Momen #JamNgemil sebaiknya diterapkan secara #NgemilBijak (mindful snacking), yakni dengan sepenuhnya fokus akan momen ngemil tersebut, sehingga Anda bisa menyadari kebutuhan tubuh dan mendapatkan manfaat baik dari camilan untuk membahagiakan diri,” jelas Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesia.

Hasil dari survei The State of Snacking juga ditanggapi oleh psikolog & co-founder Rumah Psikologi TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima M.Psi. Ia menyatakan bahwa memiliki waktu khusus untuk menikmati camilan memang merupakan hal yang penting saat ini. Saskhya pun membagikan tips untuk bisa melakukan mindful snacking, di antaranya:

  • Coba buat jadwal aktivitas harian dengan memberikan jam khusus untuk ngemil.
  • Sediakan camilan yang mudah diambil di sekitar tempat bekerja atau tempat untuk rehat sejenak.
  • Pilih camilan yang sesuai dengan mood Anda (biskuit, cokelat batang, kukis, dll)
  • Usahakan untuk tidak ngemil saat sedang bekerja. Justru Moms perlu fokus saat ngemil agar tubuh kembali bersemangat.
  • Seimbangkan kebiasaan ngemil dengan tetap mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan menjaga durasi tidur tetap cukup.

Mindful snacking sebagai self reward

Seperti disebutkan, mindful snacking bisa menjadi sebuah cara untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri yang sudah sibuk bekerja. Akan tetapi, pemahaman self-reward sendiri tidak hanya sebatas itu. Melakukan apresiasi dengan langkah yang tepat akan bisa menimbulkan rasa senang yang dapat memotivasi diri untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.

“Kebutuhan akan ngemil banyak muncul untuk meredam stres dan mencari kenyamanan yang dibutuhkan ketika jeda atau menyelesaikan pekerjaan, terutama bagi milenial dan Gen Z. Hal tersebut sangatlah mungkin, karena secara biologis perilaku makan atau ngemil dapat menyalakan reward system di otak yang menghasilkan hormon bahagia (dopamin),” tambah Saskhya.

Survei The State of Snacking - Mondelez International

Self-reward memang perlu dilatih, karena hal ini bukan bentuk dari keegoisan atau juga tidak lari dari tanggung jawab. Memberikan penghargaan pada diri sendiri justru akan bisa meningkatkan kinerja, kesehatan mental, serta fisik kita.

Jadi, mulai sekarang, lakukan mindful snacking yuk, Moms! Selain bisa menjaga kesehatan mental Anda sebagai orang dewasa, memiliki #JamNgemil sebagai kebiasaan baik juga bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/ Foto: Mondelez Indonesia)