Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Belajar Optimalkan 1000 HPK Anak di Webinar Festival 1001 Zwitalk

Yuk, Belajar Optimalkan 1000 HPK Anak di Webinar Festival 1001 Zwitalk

Moms pasti tahu kalau masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak adalah masa terpenting bagi tumbuh kembang Si Kecil. Menyadari pentingnya hal tersebut, Zwitsal, Mother & Beyond, Klinik Kecil, dan Obrolan Parenting mempersembahkan webinar festival 1001 Zwitalk “Level Up Your Love! Tips Jaga Romansa selama 1000 HPK” dan didukung oleh PKK DKI Jakarta dan Jawa Barat, Kemenkominfo, dan Siberkreasi.

Acara seru yang berlangsung pada Sabtu, 23 April 2022, kemarin ini terbagi menjadi 3 kelas dengan tema dan narasumber yang berbeda-beda. Mau tahu seperti apa keseruan webinar festival ini? Simak yuk, Moms!

Class 1: Quality time saat jadi orang tua baru, idealnya kapan?

Kelas pertama yang dimulai pada jam 10.30 ini menghadirkan Ajeng Raviando, Psi – psikolog anak dan keluarga, Arya Saloka – celebrity dad, dan Ernesta – ibu dari anak berkebutuhan khusus (ABK). Menurut Ajeng, 1000 HPK adalah masa emas dalam tumbuh kembang seorang anak. Ini dimulai sejak anak masih di dalam kandungan hingga 2 tahun pertama kehidupannya. Di masa ini, orang tua harus memastikan asupan gizi seimbang, stimulasi optimal, dan perhatikan juga hubungan yang baik antara Moms dan Dads karena happy parents raise happy kids!

“Menjadi orang tua baru memang membingungkan, maka suami istri harus saling mesra menjaga keintiman,” saran Ajeng. Untuk itu Ajeng menyarankan para orang tua untuk melakukan 4 hal ini agar bonding pasangan selalu kuat: the power of touch and hugs (jangan lupa peluk mesra pasangan, ya!), the power of communication (pastikan komunikasi Moms dan Dads baik dan lancar), the power of playing together (lakukan aktivitas seru bareng pasangan), dan the power of positive habits and routines (coba buat kebiasaan baik bersama pasangan ya, Moms dan Dads!).

Sependapat dengan Ajeng, Ernesta selaku ibu dari anak ABK juga sangat mengutamakan keharmonisan rumah tangganya. Baginya, merawat anak ABK tentu tantangannya luar biasa, maka butuh mental kuat dan saling support dengan pasangan agar segalanya lancar dan terasa lebih mudah.

Arya Saloka, celebrity-dad yang punya segudang aktivitas juga mengaku sempat kaget saat menjadi orang tua baru. “Hal paling menantang saat jadi orang tua baru adalah bagaimana mendidik anak, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, bergelut dengan pekerjaan, dan menjaga keharmonisan dengan pasangan,” ujar Arya. Walau sempat kewalahan, Arya dan istri percaya hubungan erat suami istri sangat penting untuk mengoptimalkan 1000 HPK anak. “Saya selalu sempatakan video call istri saat sedang bekerja, dan ‘colongan’ untuk quality time agar harmonis terus walau sedang sibuk,” jelasnya.

Class 2: Real dads, real hero! Yuk, dukung bunda mengASIhi

Mengoptimalkan 1000 HPK anak? Peran Dads penting banget, nih! Untuk itu, di kelas ke-2 ini telah hadir dr. Lucky Yogasatria, Sp.A, dokter spesialis anak dari Klinik Kecil. Menurut dr. Lucky, ayah bisa menjadi pahlawan bagi 1000 HPK anak, salah satu caranya dengan mendukung istri mengASIhi karena ASI merupakan nutrisi terbaik untuk 6 bulan pertama kehidupan anak. Pada ibu yang gagal ASI eksklusif, penyebabnya cukup beragam seperti terlalu cepat intervensi sufor, stres yang menghambat produksi ASI, dan kurangnya dukungan support system (khususnya dari suami).

Untuk itu Dads perlu mendukung ibu mengASIhi dengan ikut terlibat dari awal, belajar menggendong, serta menunjukkan kasih sayang juga membantu dan menemani istri saat menyusui. Dokter Lucky menyarankan untuk memberikan pijat oksitosin agar Moms semakin rileks dan ASI lancar! “Idealnya, pijat ini dilakukan 3-5 menit, tetapi bisa lebih lama jika Moms butuh lebih rileks sehingga bisa maksimal mengeluarkan hormon cinta yang memperlancar keluarnya ASI,” jelas dr. Lucky.

Class 3: Mau jadi couple goals di awal kehamilan? Yuk, merapat Ayah Bunda!

Di kelas terakhir ini hadir dr. Yassin Yanuar M, Sp.OG(K) – dokter spesialis kebidanan, dan Intan Erlita, Psi – psikolog dan managing director Hijrah Coach. “Masa 1000 HPK adalah masa emas tumbuh kembang anak yang dimulai sejak kehamilan hingga anak usia 2 tahun. Apa yang terjadi dalam periode ini akan berdampak selamanya di kehidupan anak,” buka dr. Yassin di awal webinar.

Menurutnya, ibu akan menjadi new person, sehingga ibu harus dijaga fisik dan mentalnya agar lebih siap dalam mengoptimalkan 1000 HPK anak. Dokter Yassin juga menyarankan para Dads untuk selalu mendukung ibu dan menjauhkannya dari stres berlebih, agar ibu bisa mendapat positive pregnancy experience.

“Bumil rentan stres karena ia mengalami berjuta rasa tak nyaman dan perubahan yang membuatnya harus beradaptasi dalam waktu singkat. Kurang dukungan secara psikis dan mental dari sekitar, khususnya suami, juga bisa membuat bumil stres, lho!” ujar Intan Erlita.

Menurut Intan, dukungan suami itu nomor satu! Sekadar membelai dan memberi perhatian sederhana, mendampingi masa tak nyaman kehamilan, dan tidak menyalahkan istri saja sudah sangat membantu menghilangkan penyebab stres saat hamil. “Ingat, istri happy, kehamilan sehat, maka akan bermanfaat dalam membentuk anak untuk ke depannya, karena karakter anak dibentuk mulai dari dalam,” tambah Intan.

Banyak kejutan!

Tak hanya banyak ilmu dari berbagai pakar, webinar festival ini juga banyak hadiahnya lho, Moms! Di akhir setiap kelas selalu ada undian doorprize bagi 5 peserta yang beruntung. Hadiahnya adalah hampers cantik dari Zwitsal yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing pemenang.

Nah, bagi Moms yang belum beruntung atau belum berkesempatan mengikuti keseruan webinar festival 1001 Zwitalk, jangan berkecil hati karena masih ada webinar festival selanjutnya. Pantau terus di akun Instagram Zwitsal, Mother & Beyond, Klinik Kecil, dan Obrolan Parenting ya, Moms.

Jangan lupa follow akun Instagram @zwitsal_id untuk mendapatkan update jadwal kelas terbaru dari Zwitsal. Segala kelas dengan pakar kesehatan seputar 1000 HPK Si Kecil bisa Moms temukan di sini, lho. Sampai jumpa di acara berikutnya! (M&B/Tiffany Warrantyasri/ND/Foto: Dok. Zwitsal)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle