Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

8 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas merupakan rempah-rempah asli Asia Selatan yang memiliki bentuk serupa dengan jahe maupun kunyit. Bukan hanya di Indonesia, lengkuas juga kerap dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan di Thailand, Malaysia, dan bahkan Cina.

Selain dijadikan bumbu dapur, ternyata lengkuas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Tak heran bila lengkuas kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional yang dipercaya dapat mengatasi atau mencegah berbagai macam penyakit. Nah, apa saja sih manfaat lengkuas untuk kesehatan? Kita cari tahu bersama yuk, Moms!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Lengkuas melindungi jantung Anda dengan beberapa cara. Rempah ini telah terbukti meningkatkan sirkulasi jantung, menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, serta sebagai antiinflamasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung serta melindungi dari pingsan dan serangan jantung.

2. Mencegah kanker

Lengkuas mengandung banyak senyawa antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh unsur-unsur beracun dan radikal bebas dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitan yang dilakukan pada orang yang menderita kanker paru-paru dan payudara, lengkuas memiliki kemampuan melawan kanker. Kandungan galanin, flavonoid di dalam lengkuas yang mengatur aktivitas enzim dan menghilangkan genotoksisitas, merupakan komponen antikanker yang paling kuat.

3. Mengatasi luka bakar

Jus lengkuas diketahui menjadi obat yang baik untuk mengatasi luka bakar pada kulit. Ketika diberikan secara topikal ke area luka, lengkuas bisa menjadi penghilang rasa sakit dan membantu menyembuhkan luka bakar.

4. Meningkatkan kesuburan pria

Akar lengkuas diketahuI dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam satu penelitian pada hewan, jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberikan ekstrak akar lengkuas.

Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan 3 bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, ditunjukkan adanya peningkatan sebesar 62% dalam motilitas sperma setelah mengonsumsi suplemen harian yang mengandung akar lengkuas dan ekstrak buah delima, dibandingkan dengan peningkatan 20% pada kelompok plasebo.

Meski demikian, belum jelas apakah efeknya disebabkan oleh akar lengkuas atau ekstrak buah delima. Masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menentukan efek akar lengkuas pada kesuburan pria.

5. Mendukung kesehatan pencernaan

Serat dalam lengkuas dapat mendukung kesehatan usus dan melancarkan buang air besar. Lengkuas juga mengurangi sekresi asam ludah dan pencernaan sehingga menenangkan saluran pencernaan, yang sangat bermanfaat bagi pasien maag.

6. Baik untuk kesehatan kognitif

Beberapa nutrisi dan kandungan acetoxychavicol acetate (ACA) yang ditemukan di akar lengkuas bermanfaat untuk kesehatan otak dan kognisi yang lebih baik, ditambah perlindungan terhadap depresi. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa kandungan dalam lengkuas tersebut juga bisa membantu mencegah beberapa jenis degenerasi otak yang disebabkan oleh usia.

7. Melindungi dari infeksi

Minyak esensial yang diekstraksi dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dengan demikian, akar lengkuas dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Selain itu, menambahkan akar lengkuas segar ke dalam masakan Anda juga dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

Sebuah penelitian tabung juga menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk Escherichia coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella typhi, meskipun efektivitasnya tampaknya bervariasi.

Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat melindungi kita dari jamur, ragi, dan parasit.

8. Memberikan manfaat kecantikan

Selain kaya akan antioksidan, asam lemak, vitamin, dan mineral, lengkuas juga memiliki sifat antiseptik yang menawarkan solusi lengkap untuk mengatasi kulit kepala yang kering, ketombe, penipisan rambut, ujung rambut bercabang, dan banyak lagi. Masker lengkuas juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Kandungan akar lengkuas dalam produk kecantikan juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa mengiritasi kulit. Antioksidannya dapat melawan garis dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan masih banyak lagi. Dalam pengobatan tradisional, lengkuas juga kerap digunakan untuk menenangkan dan mempercepat luka bakar.

Wah, banyak sekali manfaat lengkuas untuk kesehatan ya, Moms! Apakah Anda sudah merasakan manfaatnya? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle