Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Dads Wajib Tahu, Ini 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Dads Wajib Tahu, Ini 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesempatan sebuah pasangan untuk punya anak, salah satunya kesuburan pria. Jika seorang pria punya kesempatan yang rendah untuk menghamili pasangannya, maka ia mungkin saja memiliki masalah kesuburan atau infertilitas. Biasanya, hal ini sangat bergantung pada kualitas sperma yang ia miliki.

Kemandulan pada pria bisa disebabkan oleh banyak hal, contohnya genetik dan penyakit yang diderita. Meskipun begitu, gaya hidup juga memegang peranan penting untuk meningkatkan kesuburan seorang pria.

Baca juga: Waspadai, Ini 4 Penyebab Sperma Rusak yang Paling Umum

Dilansir dari Healthline, ada 10 cara yang didukung secara ilmiah untuk bisa mendorong jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pada pria. Mau tahu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Dads!

1. Mengonsumsi suplemen D-aspartic acid

D-aspartic acid (D-AA) adalah salah satu jenis asam amino dan bisa dibuat sebagai suplemen. Secara alami, D-AA banyak ditemukan pada kelenjar tubuh tertentu, seperti testis, sehingga biasanya zat ini juga dikandung oleh sperma dan sel sperma. Faktanya, pria yang tidak subur memiliki lebih sedikit D-AA jika dibandingkan dengan pria yang lebih subur. Sebuah studi yang dimuat Reproductive Biology and Endocrinology menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 3 gram suplemen D-AA per hari mengalami peningkatan hormon testosteron sebanyak 42%. Testosteron adalah hormon yang berperan besar dalam produksi sperma.

2. Rutin olahraga

Tidak hanya baik bagi kesehatan secara keseluruhan, rutin berolahraga juga bisa mendorong level testosteron dan kesuburan, lho. Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara rutin memiliki tingkat testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Meskipun begitu, hindari berolahraga berlebihan karena justru bisa berdampak sebaliknya.

3. Cukupi asupan vitamin C

Vitamin C terkenal mampu mendorong sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin C, dapat memperbaiki kesuburan pada pria. Dari beberapa hasil penelitian, vitamin C dipercaya bisa memperbaiki gerak dan kuantitas sperma serta mengurangi jumlah sel sperma yang rusak.

4. Rileks dan kurangi stres

Stres telah terbukti buruk bagi kesehatan secara umum, tak terkecuali buat kesuburan pada pria. Ya, stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan merusak kesuburan Anda. Pasalnya, stres yang berkelanjutan dapat meningkatkan level kortisol dalam tubuh. Ketika tingkat hormon kortisol meningkat, biasanya level testosteron cenderung menurun. Tingkat testosteron dalam tubuh akan sangat berdampak pada produksi sperma yang berkualitas.

5. Cukupi kebutuhan vitamin D

Pada pria, vitamin D bisa mendukung produksi testosteron yang berkualitas. Sebuah studi yang dimuat Clinical Endocrinology menunjukkan bahwa pria yang kekurangan vitamin D cenderung memiliki tingkat testosteron yang rendah. Selain itu, tingkat vitamin D yang tinggi dalam tubuh berkaitan dengan kemampuan gerak sperma yang optimal.

6. Mencoba Tribulus terrestris

Tribulus terrestis adalah tanaman berbunga yang sering digunakan sebagai suplemen herbal untuk mendorong kesuburan pria. Menurut beberapa studi, tanaman yang dalam bahasa Indonesia ini dinamakan rujak polo mampu meningkatkan efek libido pada testosteron.

7. Konsumsi suplemen fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu obat herbal dan bahan kuliner yang makin populer akhir-akhir ini. Tidak hanya itu, fenugreek ternyata juga bisa memperbaiki kualitas sperma, lho. Konsumsi fenugreek secara rutin dalam jumlah tertentu terbukti mampu meningkatkan libido, kekuatan fisik pria, memperbaiki fungsi ereksi, kualitas aktibitas seksual, serta meningkatkan level testosteron dalam tubuh.

8. Cukupi kebutuhan zinc

Mendapatkan asupan zinc yang cukup merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kualitas sperma pada pria. Sebuah studi menemukan bahwa kekurangan zinc dalam tubuh berkaitan dengan level testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan meningkatnya risiko masalah kesuburan pada pria.

9. Pertimbangkan konsumsi ashwagandha

Tanaman herbal lain yang perlu Anda coba adalah aswagandha. Aswagandha adalah salah satu obat herbal yang sudah digunakan di India sejak zaman purba. Beberapa studi menyatakan bahwa aswagandha dapat memperbaiki kesuburan pria dengan meningkatkan testosteron. Selain itu, mengonsumsi suplemen ashwagandha bisa memperbaiki jumlah dan kemampuan gerak sperma serta status antioksidan tubuh.

10. Mengonsumsi maca root

Konsumsi suplemen maca root dapat memperbaiki libido serta kesehatan seksual dan kesuburan. Berasal dari Peru, maca root telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mendorong libido dan kesuburan pada pria. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)