Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak Sekolah

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak Sekolah

Melepas Si Kecil bersekolah untuk pertama kalinya, khususnya di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, mungkin membuat sebagian Moms resah dan bertanya-tanya, apakah membiarkan Si Kecil bersekolah tatap muka merupakan keputusan yang tepat?

Menurut Ms. Rosalyn Tamara, S.Sn, Dipl. Montessori, penulis, pendiri, sekaligus direktris Akademi Montessori Haus Asia (MHA), ada keresahan orang tua soal pertemuan tatap muka di sekolah, khususnya bagi anak-anak yang baru pertama kali bersekolah. Namun setelah lebih dari 2 tahun Indonesia dilanda pandemi, Ms. Rosalyn meyakini memang sudah saatnya anak-anak kembali ke sekolah.

“Anak-anak sangat membutuhkan momen untuk bersekolah tatap muka. Apalagi saat ini vaksin juga sudah mulai diberikan secara luas,” ungkap Ms. Rosalyn dalam webinar bersama Mothercare dengan tema “Super Bekal” (18/7/2022).

Di sisi lain, Ms. Rosalyn juga mengingatkan bahwa telah terjadi banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan di Indonesia. Karena itu, Moms perlu mempersiapkan Si Kecil sebaik mungkin agar ia bisa merasa nyaman dan tentunya aman saat di sekolah.

Merasa nyaman tentunya bisa dilakukan dengan cara memilih sekolah yang gaya pengajarannya sesuai dengan karakter Si Kecil. Moms juga bisa melihat fasilitasnya terlebih dahulu guna memastikan apakah buah hati Anda akan menyukai sekolah tersebut atau tidak. Jarak antara rumah dan sekolah juga perlu diperhatikan agar Si Kecil tidak terlalu lama menghabiskan waktu di jalan yang bisa memicu rasa lelah dan bosan.

Sedangkan rasa aman bisa diciptakan dengan cara memastikan sekolah pilihan Anda memiliki staf dan guru yang bisa menjadi pelindung bagi Si Kecil saat berada di sekolah. Jangan lupa, ciptakan juga rasa aman dari serangan virus dan penyakit dengan mengajarkan Si Kecil untuk selalu menerapkan prokes di mana pun ia berada, termasuk dengan selalu memakai masker.

“Peran orang tua merupakan 'kunci' yang perlu anak bawa saat akan bersekolah, mulai dari bagaimana mereka memilihkan sekolah bagi anak, mempersiapkan anak dengan perlengkapan yang sesuai, agar anak-anak tidak takut bertemu dengan wajah-wajah serta lingkungan baru di luar keluarga,” jelas Ms. Rosalyn.

“Sama seperti orang dewasa, pertemuan pertama yang mengesankan akan membentuk mood yang baik dan berkelanjutan untuk dijalankan, begitu pula bagi anak-anak saat hendak pertama kali masuk sekolah dan bersapa dengan teman-teman sebayanya, sehingga orang tua perlu dengan optimal menyiapkan yang anak butuhkan,” lanjutnya.

Selektif memilih perlengkapan sekolah

Nah, yang tidak kalah penting adalah bagaimana Moms memilih perlengkapan sekolah, seperti tas, tempat makan, dan tempat minum yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Pilih yang berkualitas dan didesain khusus untuk kenyamanan anak seperti Skip Hop dari Mothercare yang juga menjadi pilihan celebrity mom, Kevin Liliana.

“Sebagai ibu, aku senang ketika kebutuhanku terbantu lewat Mothercare. Aku bisa mencari segala kebutuhan anakku, termasuk persiapan anak pertama kali bersekolah.  Dengan adanya Skip Hop di Mothercare, aku jadi bisa ajak Sera memilih tas sekolah dan tempat makan untuk ia bawa nantinya. Gambarnya yang lucu dan warna-warni bervariasi bisa menambah semangat Sera nih, saat memakainya,” ungkap Kevin Liliana yang merupakan Miss International 2017 sekaligus ibu dari Seraphine Zaylina Mahendra (1,5 tahun).

Dengan edisi Super Bekal (Serunya Pertama Belajar dan Saling Kenal) dan Back-to-School, Skip Hop di Mothercare punya rangkaian tas sekolah dan peralatan makan untuk bekal anak-anak. Desainnya lucu-lucu dengan zoo collection yang menampilkan karakter Darby the Dog, Eureka the Unicorn, Blossom the Butterfly, dan lain sebagainya. Si Kecil pasti suka.

Apalagi Skip Hop juga sangat mengutamakan fungsinya untuk anak-anak. “Sebagai brand yang tumbuh dalam mendampingi kehidupan orang tua dan anak-anak, Mothercare tak luput dalam mendukung momen pertama anak bersekolah. Tidak sekadar menyediakan perlengkapan sekolah, bersama Skip Hop, kami ingin memberikan pesan pentingnya peran serta orang tua untuk turun tangan memenuhi kebutuhan pertama anak saat akan masuk sekolah dan bertemu dengan orang-orang serta lingkungan baru,” ucap Ingga Gloriana, General Marketing Manager Mothercare Indonesia. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Mothercare)


Read Next

More Fromtoddler