Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Mengenali Emosi

Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Mengenali Emosi

Moms, tahukah Anda bahwa pola asuh bukanlah satu-satunya faktor yang membentuk kepribadian Si Kecil kelak saat ia beranjak dewasa? Kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri juga akan berefek pada kematangannya dalam berpikir dan bertindak.

Itulah sebabnya, penting bagi Moms untuk memperkenalkan jenis-jenis emosi kepada Si Kecil sejak dini. “Seperti halnya kita, orang dewasa, anak-anak kita juga akan menghadapi berbagai emosi. Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, mereka akan memiliki pengalaman tersebut,” ujar Grace E. Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog (Principal Child Psychologist Tentang Anak) dalam kegiatan Grand Launch Buku Kenali Emosi dan Fitur Belanja dari aplikasi Tentang Anak (21/7/2022).

“Lantas mengapa sangat penting bagi anak untuk mengenali emosinya? Karena saat ia mengalami emosi tersebut, ia mengenali apa yang dialami dan tahu bagaimana menghadapinya. Dengan kita membantu anak mengenali emosinya, maka kita membantu anak untuk bisa menghadapi situasi tersebut dengan lebih efektif,” lanjutnya.

Nah, bagi Moms yang ingin membantu Si Kecil untuk belajar mengenali emosinya, Anda bisa menggunakan seri buku berjudul Kenali Emosi yang memiliki empat judul, yaitu “Senang”, “Marah”, “Sedih”, dan “Takut”. “Buku ini hadir karena input dari ayah dan bunda yang memiliki banyak pertanyaan terkait emosi dalam sejumlah webinar yang diselenggarakan oleh Tentang Anak. Dan memang mengajarkan emosi kepada anak merupakan proses yang membutuhkan waktu. Harapannya, alat bantu buku ini bisa membantu ayah bunda dalam mendampingi anak-anaknya belajar,” ungkap Grace.

Fitur belanja baru di Tentang Anak

Untuk saat ini, buku Kenali Emosi hanya bisa Anda dapatkan secara eksklusif di fitur belanja baru dalam aplikasi Tentang Anak. Serunya lagi, Moms dan Dads tidak hanya bisa membeli buku saja, lho.

Melalui aplikasi Tentang Anak, Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan Si Kecil. Moms tak perlu khawatir karena produk yang disajikan di fitur belanja aplikasi Tentang Anak merupakan produk orisinil hasil kurasi para ahli terbaik di bidangnya dan telah memenuhi standar kesehatan serta keamanan untuk anak-anak.

Produknya juga beragam, mulai dari kebutuhan newborn, MPASI, kesehatan, bahkan sampai kebutuhan traveling dengan anak. Orang tua dapat berbelanja dengan mudah hanya dalam satu kali pengiriman.

“Sejak berdiri pada 2020, Tentang Anak telah menjangkau lebih dari 28 juta masyarakat melalui edukasi di berbagai platform. Hal ini menginspirasi kami untuk terus menjawab kebutuhan orang tua dan anak Indonesia, di antaranya seperti peluncuran buku Kenali Emosi dan meluncurkan fitur terbaru di aplikasi Tentang Anak, "Fitur Belanja” karena Tentang Anak terus berkomitmen untuk mendampingi orang tua dengan memberikan edukasi dan produk terbaik yang langsung dari ahlinya,” jelas Garri Juanda, co-founder Tentang Anak.

Kemudahan akses dan banyaknya fitur yang ditawarkan Tentang Anak juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Marsha Tengker, B.A.,M. Sc.,M.Psi., Psikolog (Principal of Adult and Family Psychologist Tentang Anak).

“Saya pribadi memiliki komitmen yang sejalan dengan Tentang Anak bahwa edukasi, kesehatan fisik, dan kesehatan mental itu adalah hak semua anak. Selain itu, saya sebagai perwakilan dari orang tua Indonesia di zaman seperti ini juga bersyukur sekali ada platform seperti Tentang Anak yang bisa dijangkau kapan pun dan di mana pun melalui smartphone. Jadi, tidak perlu ragu lagi dalam hal parenting, karena berbagai kebutuhan sudah ada solusinya langsung dari ahlinya, dari belajar hingga belanja kebutuhan anak,” kata celebrity mom yang lebih dikenal dengan nama Caca Tengker ini. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Tentang Anak)


Read Next

More Fromtoddler